spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dibangun Drainase, Lima Ribu Jiwa di Badak Baru Tak Lagi Terdampak Banjir

KUKAR – Desa Badak Baru, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara, acap kali tergenang banjir hingga sepinggang orang dewasa tatkala hujan deras menerpa dua hingga tiga jam.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Badak Baru, Nasaruddin, saat kunjungan Anggota DPR RI, Irwan menyambangi desanya, Rabu (1/3/2023).

Nasaruddin menerangkan, kurang lebih 5000 jiwa di 20 RT Desa Badak Baru terdampak akibat banjir tersebut. Namun sejak drainase sepanjang 426 meter dan lebar 2 meter dibangun melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), banjir tak lagi terjadi.

“Sumber kiriman dari desa lain, dari Desa Batu-Batu, Muara Badak Ulu. Di Desa Badak Baru bukannya hilirnya, tapi karena tidak ada drainase sehingga tertahan akibatnya banjir,” jelasnya.

“Faktornya kalau hujan di atas dua jam pasti banjir, surutnya bisa sampai 3 hingga 6 jam.¬† Tadi malam ada hujan tiga jam lebih, tapi tidak terjadi banjir seperti biasanya,” sambungnya.

Sementara, Anggota Komisi  V DPR RI, Irwan menerangkan Kades Badak Baru sudah dua kali menyampaikan persoalan banjir ini kepadanya. Akhirnya, ia menggunakan program Kotaku untuk mengurangi kawasan permukiman yang kumuh, termasuk juga masalah banjirnya dan sanitasi.

BACA JUGA :  Meriahkan Agustusan, Firnadi Ikhsan Gelar Senam dan Zumba di Desa Tanjung Batu

“Ini buat drainase, ternyata dulu kenapa terjadi banjir di permukiman bagian hulu karena tidak lancar airnya. Karena tersumbat akhirnya tergenang ke permukiman.

Kita buatkan drainase yang bagus dan lebar ke poros sungai, kemudian dibuat penguatan dan di cor, akhirnya airnya lancar,” urainya.

Setelah mendengarkan bahwa persoalan banjir dapat teratasi setalah mendapat sentuhan program Kotaku, Ketua DPD menyatakan bahwa program tersebut tepat sasaran dan dirasakan maanfaatnya oleh masyarakat. “Artinya program ini sukses, dan program padat karya karena dikerjakan oleh masyarakat langsung,” pungkasnya. (eky)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img