spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Di Balikpapan Harga Cabai Turun hingga Rp 70 Ribu per Kg, Bahan Pokok Lainnya Relatif Stabil

BALIKPAPAN – Sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Balikpapan setelah tahun baru 2024 bisa dikatakan masih stabil. Meskipun tidak berlaku untuk harga tomat. Di Pasar Klandasan, sejak sebelum tahun baru harga tomat sudah melambung tinggi hingga saat ini.

Salah seorang pedagang sayur, Aco mengatakan, saat ini harga tomat tembus mencapai Rp 55 ribu per kg. Dari yang sebelumnya hanya Rp 20 ribu per kg.

“Dari sebelum tahun baru sudah naik harganya (tomat). Sebelum tahun baru itu masih Rp 40 ribu per kg. Sekarang sudah Rp 55 ribu per kg-nya,” ujarnya, Kamis (4/1/2024).

Lebih lanjut Aco mengaku, kenaikan ini dipicu oleh pasokan dari daerah asal seperti Surabaya dan Makasar. “Di daerah asalnya katanya ada gagal panen. Jadi pasokan susah. Ini aja kita ambil dari Kebun Sayur,” jelasnya.

Sementara itu, di tengah harga tomat yang fluktiatif justru berbanding terbalik dengan komoditas cabai yang mengalami penurunan harga.

Tidak tanggung-tanggung, harga yang kini dipasarkan merosot hingga Rp 70 ribu pe kg. “Kalau cabai sudah turun. Kemarin itu sempat Rp 100 ribu per kg. Sekarang sudah ada yang Rp 70 ribu sampe Rp 80 ribu per kg, tergantung kualitasnya,” tambah Aco.

Sedangkan harga kebutuhan pangan pokok lainnya seperti beras, gula, minyak goreng, bawang putih dan merah, serta daging dan ayam potong harganya relatif stabil, dan belum ada mengalami kenaikan ataupun penurunan harga.

Salah seorang pembeli, Nur Hasanah mengatakan, meski ada kenaikan harga pada tomat namun dirinya tetap membeli komoditas tersebut. “Ya karena tiap hari kan kita nyambel, jadi tetap beli tomat mas,” ujarnya.

Nur Hasanah mengaku tak mempermasalahkan adanya kenaikan harga pada tomat. “Yang penting itu di pasar barangnya masih ada aja mas, kalau naik itu sudah hukum pasar ya,” tutupnya.

Penulis: Aprianto

Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img