spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dedikasi Kembangkan Pendidikan, Bunda PAUD Kutim Terima Sertifikat Apresiasi Kemendikbud

JAKARTA – Satu lagi bukti pencapaian terbaik dilakukan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terutama di sektor pendidikan. Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kutim Siti Robiah Ardiansyah mendapatkan pengakuan nasional. Yaitu sertifikat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) melalui Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dalam kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023.

Prestasi membanggakan itu diberikan sebagai penghargaan kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung “Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan”. Penyerahan sertifikat digelar di Mercure Convention Center, Jakarta, Rabu (8/11/2023). Sertifikat ini pun diserahkan langsung oleh Bunda PAUD Nasional Iriana Joko Widodo.

Dalam kesempatan ini, Bunda PAUD Kutim Siti Robiah didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan Sekolah Non Formal (SNF) Disdikbud Kutim Achmad Junaidi. Siti Robiah mengaku sangay bersyukur atas nama Bunda PAUD, Kutim bisa merengkuh sertifikasi ini.

“Alhamdulillah, Kabupaten Kutim dalam hal ini sudah mendapatkan piagam sertifikat ini. Kita mendapatkan apresiasi tinggi dari Kemendikbudristek RI, karena sudah menjalankan bagaimana pentingnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),” kata Bunda PAUD Kutim Siti Robiah usai menerima.

Dia menjelaskan, program ini merupakan mandat dari Kemendikbudristek. Nah, dengan mengenal lingkungan sekolah, mereka akan merasa lebih nyaman dan mampu beraktivitas dengan baik. Siti Robiah berpendapat bahwa transisi siswa dari PAUD ke SD penting untuk menanamkan nilai-nilai dan karakter pada anak. Ini akan membantu mereka mengenal teman-teman, guru hingga dapat beraktivitas dengan lancar.

“Kita tidak boleh memaksakan anak-anak kita untuk bisa membaca, menulis dan berhitung (calistung) setelah lulus PAUD. Itu bisa mencederai mental mereka dan pendidikan mereka,” ungkapnya.

Usai menerima sertifikat ini, Siti menegaskan siap terus berkomitmen memajukan dunia pendidikan khususnya PAUD terus maju dan berkembang. Hal itulah yang menurutnya harus dipertahankan demi mewujudkan nilai-nilai pendidikan terbaik untuk Kutim.

Sebelumnya, dalam arahannya Bunda PAUD Nasional Iriana Joko Widodo menyampaikan bahwa komitmen Bunda PAUD dalam Gerakan “Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan” dapat menumbuhkan pengetahuan para guru terkait pembelajaran usia dini.

“Saya harap gerakan ini juga telah menumbuhkan kesadaran guru-guru kita semuanya dan juga bahwa pembelajaran di usia dini tidak hanya ditentukan oleh calistung,” ucap Ibu Iriana.

Ibu Iriana pun berharap agar para Bunda PAUD di seluruh Tanah Air dapat mengerti dan memahami kondisi pendidikan usia dini di wilayahnya masing-masing.

“Saya berharap semua yang hadir di sini semua sudah paham apa yang akan disampaikan di wilayah masing-masing dari wilayah desa ke kecamatan,” tuturnya usai berdialog dengan perwakilan Bunda PAUD terkait pengalaman melakukan peninjauan ke PAUD dan sekolah dasar (SD) di sejumlah wilayah.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa saat ini Kemendikbudristek tengah dalam upaya merubah paradigma pendidikan. Agar peserta didik merasa menyenangkan saat beralih dari PAUD ke SD. Hal ini, lanjutnya sebagai upaya menumbuhkan mindset pada peserta didik bahwa pendidikan itu menyenangkan. Sehingga mereka akan gemar dan terbiasa melakukan proses pembelajaran.

Selain itu, periode transisi PAUD ke SD yang dianggap sebagai periode emas dalam pendidikan anak harus dibuat semenyenangkan mungkin. Agar anak tidak merasa tertekan saat peralihan tingkatan Pendidikan.

Oleh karena itu, penghargaan dan apresiasi harus diberikan kepada para Bunda PAUD yang menunjukkan komitmen untuk mendukung program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Sehingga program ini dapat berjalan dengan baik.

“Mari kita terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin selama ini. Agar program ini dapat terus berlanjut,” terang Nadiem. (Rkt)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img