spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dampingi Presiden ke IKN Nusantara, Luhut Binsar Pandjaitan Bawa Investor Uni Emirat Arab

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Isran Noor, memastikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pejabat negara akan berkumpul di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis, 21 September 2023, besok.

Presiden akan menggelar rapat koordinasi penting terkait progres pembangunan IKN.”Ya, besok (Kamis, 21/9/2023), Presiden bersama sejumlah pejabat negara akan datang ke IKN,” ungkap Gubernur Isran Noor kepada wartawan usai melantik Penjabat (Pj) Bupati PPU, Selasa (19/9).

Menurut Gubernur Isran, dalam kunjungan dan pertemuan di IKN, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, akan turut hadir bersama sejumlah investor dari Uni Emirat Arab. “Pak Luhut akan membawa para investor dari Uni Emirat Arab untuk melihat peluang investasi,” tambah Isran.

Beredar laporan hasil rapat koordinasi (rakor) rencana kunjungan Presiden ke IKN. Rakor yang dilaksanakan Jumat (15/9) lalu melalui zoom meeting ini dipimpin oleh Bey Triadi Machmudin, Plh. Kepala Sekretariat Presiden.

Kunjungan di IKN direncanakan berlangsung selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 September 2023. Presiden Jokowi akan didampingi oleh rombongan yang terdiri dari berbagai pejabat negara.

BACA JUGA :  Jokowi Datang, di Mana Lamin IKN?

Rombongan Presiden dan para pimpinan pusat akan menggunakan Pesawat Boeing 737-400 TNI AU dan diperkirakan akan tiba di Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, setelah sekitar 1 jam 30 menit perjalanan udara.
Dari bandara, mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Helipad Heli VVIP Super Puma untuk mencapai lokasi Persemaian Mentawir, yang juga akan menjadi salah satu tempat kunjungan mereka.

Selama kunjungannya, Presiden Jokowi akan menjadwalkan sejumlah agenda yang sangat penting dalam pembangunan IKN. Pada hari pertama kunjungan, 21 September 2023, agenda meliputi peninjauan lokasi persemaian di Persemaian Mentawir serta acara groundbreaking Hotel Nusantara, yang akan dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Gubernur Kaltim, bersama dengan presentasi oleh para investor.
Setelah acara selesai, Presiden dan rombongan akan meninggalkan lokasi menuju Penginapan IKN di mana mereka akan menginap.

Hari kedua, 22 September 2023, akan melibatkan perjalanan darat ke lokasi groundbreaking Training Center PSSI, dengan agenda yang mencakup sambutan dari perwakilan FIFA, laporan dari Ketua Umum PSSI, dan prosesi groundbreaking oleh Presiden.

BACA JUGA :  Rumah Sakit Ramah Lingkungan di IKN Bakal Beroperasi Semester II 2024

Selanjutnya, mereka akan menuju Pertamina Research Center untuk penandatanganan MoU, dilanjutkan Salat Jumat di masjid terdekat dan makan siang di restoran setempat.

Pada malam hari, Presiden dan rombongan akan menghadiri acara Malam Apresiasi Para Pekerja yang akan dihiasi oleh penampilan dari Band Lokal Gigi serta Wika Salim.

Hari ketiga, 23 September 2023, akan menjadi hari terakhir kunjungan ini. Presiden dan rombongan akan kembali menggunakan Heli VVIP Super Puma untuk menuju Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, dan kemudian terbang menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Provinsi Bali.

Pewarta/Editor: Hanafi/Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img