spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dampak Kemarau, Polresta dan IJTI Kota Balikpapan Berikan Bantuan Air Bersih untuk Warga

BALIKPAPAN – Musim kemarau yang berkepanjangan, dampak dari fenomena El Nino menyebabkan sebagian warga Kota Balikpapan saat ini tengah mengalami kesulitan air bersih. Salah satunya seperti di kawasan Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah.

Ketua RT 9 Kelurahan Karang Jati, Abdul Jalil mengatakan, sejak dua pekan lalu air bersih dari PDAM sudah tidak mengalir lagi. Sebagian masyarakat harus membeli air bersih dari swasta.

“Warga sudah mengalami kesulitan air bersih sejak dua pekan yang lalu,” ujarnya, Rabu (4/10/2023).

Atas hal tersebut, Polresta Balikpapan bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kota Balikpapan membagikan air bersih gratis kepada warga terdampak.

Jalil menjelaskan, warga sangat bersyukur dengan adanya bantuan air bersih tersebut, di mana warga yang kesulitan air bersih akhirnya bisa mendapatkan air bersih lagi.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto yang sempat melepas kendaraan bantuan air bersih kepada warga mengaku jika hal ini pun merupakan rangkaian dari kegiatan Peringatan HUT Ke-72 Humas Polri. Di mana kegiatan ini sengaja bekerjasama dengan IJTI Kota Balikpapan.

“Kita berikan bantuan air bersih sebanyak 7 mobil pick-up yang membawa masing-masing satu tandon berkapasitas 1.200 liter. Dan satu unit kendaraan taktis Armored Water Canon (Rantis AWC) Polresta Balikpapan berkapasitas 6.500 liter air,” ujar Kapolresta Balikpapan.

Bantuan air bersih ini diberikan kepada 7 RT di Kelurahan Karang Jati, mulai dari RT 5 hingga RT 12. Selain bantuan untuk kebutuhan untuk warga sekitar, air bersih ini juga diberikan ke rumah ibadah seperti masjid.

“Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat, terutama yang membutuhkan air bersih,” jelasnya.

Salah satu warga penerima bantuan air bersih, Siti Aminah, mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih kepada Polresta Balikpapan dan IJTI Balikpapan yang telah memberikan bantuan air bersih kepada kami. Air bersih ini sangat membantu kami, terutama untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Kota Balikpapan, Riswan Danu mengatakan, bantuan ini sangat dibutuhkan warga yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih selama musim kemarau ini.

“Harapan kami bantuan ini dapat bermanfaat untuk warga, di tengah kesulitan mereka untuk mendapatkan air bersih,” tutupnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img