spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dalam Setahun, Ada 600 Buku Perpustakaan Diperbaiki


SAMARINDA – Buku merupakan teman setia sepanjang hidup. Mereka memberikan  pengetahuan, hiburan, dan banyak hal lainnya. Namun, seperti halnya barang lain, buku juga dapat rusak dari waktu ke waktu. Hal ini dapat terjadi akibat berbagai hal, seperti penggunaan yang terlalu sering, dan kerusakan akibat kecelakaan.

Seperti halnya buku-buku yang ada di perpustakaan Kaltim jalan Ir H Juanda Samarinda, milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam satu tahun ada sekitar 600 buku rusak yang berhasil direparasi atau diperbaiki.

Pustakawan Ahli Madya DPKD Kaltim Agus Said mengatakan pihaknya sebelum melakukan perbaikan buku rusak, biasanya melakukan klasifikasi kerusakannya terlebih dahulu. Buku tersebut diambil dari bidang layanan perpustakaan Kaltim.

“Jadi buku di layanan perpustakaan akan dibawa ke sini (ruangan perbaikan,read) kemudian kita klasifikasi ada rusak ringan, rusak sedang dan rusak parah, kemudian kita bagi dan bedakan cara perbaikannya,” jelasnya.

Setelah selesai diperbaiki, buku tersebut dibawa ke ruangan pengolahan, di ruangan pengolahan  buku akan daftar kembali dan diinput sebagai buku yang tersedia kembali.

BACA JUGA :  Tarik Minat Pembaca, DPK Samarinda Bangun Taman di Depan Perpustakaan

“Jadi buku setelah diperbaiki akan dikembalikan ke layanan untuk dipergunakan kembali,” katanya

Ditambahkan Pustakawan Ahli Muda DPKD Kaltim  Winda Hapiana mengatakan setiap tahun target 550  buku diperbaiki, dalam perjalanannya sering melebihi target .

“Setiap hari petugas yang konsen dalam perbaikan buku ada 5 pustakawan, dalam satu tahun kita ada target 550 koleksi cuma selalu lebih hingga 600 koleksi buku,” pungkasnya. (ADV)

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img