spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cegah Laka Laut, BPBP dan Basarnas Siaga di Pantai Manggar

BALIKPAPAN – Momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke pantai. Salah satu destinasi favorit adalah pantai Manggar Segara Sari di Balikpapan Timur.

Sejak Senin (25/12/2023) pagi, pantai andalan Kota Balikpapan telah dipadati oleh pengunjung. Mereka berasal bukan hanya dari Balikpapan, tetapi juga dari kota-kota sekitarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Usman Ali, menyatakan bahwa dengan padatnya aktivitas masyarakat di pantai selama liburan, pemerintah Kota Balikpapan perlu waspada terhadap potensi kejadian tak diinginkan.

“Berdasarkan instruksi Wali Kota, kita melakukan pengamanan di pantai Manggar dan beberapa pantai lainnya untuk berjaga-jaga, memberi peringatan kepada masyarakat, dan memantau keadaan,” ujarnya.

Suasana pantai Manggar saat momen libur Natal dan Tahun Baru.

Usman Ali menjelaskan bahwa BPBD bekerja sama dengan Basarnas, TNI-Polri, dan beberapa relawan bencana dalam mengawasi dan menjaga pantai Manggar.

“Kami bersinergi untuk memantau aktivitas ini agar tidak ada kejadian yang merugikan masyarakat yang menikmati liburan di pantai,” katanya.

BPBD Balikpapan dan Basarnas telah menyiapkan sejumlah peralatan peringatan dan pertolongan, termasuk mobil darat, perahu karet di laut, dan sekitar 10 personel patroli untuk memantau dan memberi peringatan kepada masyarakat yang bermain di laut.

Usman juga menegaskan bahwa jarak aman untuk bermain di laut adalah tidak lebih dari 30 meter, mengingat adanya cekungan yang dalam di pantai Manggar. Hal ini dilakukan untuk mencegah tenggelamnya korban.

“Kami menetapkan jarak aman sekitar 30 meter, dan jika melebihi batas itu, kami akan memberikan peringatan melalui pengeras suara,” tambahnya. (Bom)

Penulis: Aprianto
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img