spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Paser:  Pejabat Pemkab Harus Paham SAKIP

PASER – Peningkatan predikat yang disematkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari CC menjadi B kian diseriusi Bupati Paser, Fahmi Fadli.

Keseriusan itu disikapi dengan melakukan pengayaan dan pendalaman materi kepada seluruh Pejabat Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemkab Paser berupa pembimbingan singkat dalam bentuk pelatihan untuk menguasai SAKIP.

Bupati Paser, Fahmi Fadli mengatakan, peningkatan tersebut harus diikuti dengan kesamaan pemahaman mengenai SAKIP menyusul penerapannya oleh seluruh instansi di lingkungan Pemkab Paser.

“Karena SAKIP ini penting, maka kemampuan dan penguasaan secara baik dan benar menjadi prasyarat utama yang harus dipenuhi,” jelasnya.

Kemampuan dan penguasaan SAKIP, kaya Fahmi idealnya dimiliki oleh Pejabat mulai tingkatan tertinggi hingga terendah disetiap daerah. “SAKIP merupakan salah satu fokus saya, untuk itu capaian kinerja Pemkab Paser tahun depan harus lebih ditingkatkan,” imbuhnya.

Diharapkan, melalui pelatihan tersebut dapat terjadi peningkatan pemahaman tentang akuntabilitas kinerja. Selain itu, diharapkan agar OPD juga memiliki kebangkitan komitmen. “Sehingga bisa mendorong praktik baik penerapan SAKIP di lingkungan kerja,” sambung Fahmi.

Ia meminta, agar para kepala OPD di lingkup Pemkab Paser melakukan koordinasi dan konsolidasi internal di lembaga masing-masing usai pembinaan SAKIP. “Laporan kinerja daerah tahun 2023 yang disusun pada tahun 2024, harus lebih baik lagi,” tegasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan itu menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) serta Kepala Sub Bidang Analisis Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur dan Manajer Keuangan Afif Nur Wahid.

Pewarta : Bhakti Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img