spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Paser Minta DPUTR Segera Realisasikan Kebutuhan Warga Desa Segendang

PASER – Perhatian Bupati Paser, Fahmi Fadli, terhadap pembenahan dan pembangunan infrastruktur yang jadi desakan masyarakat di Kecamatan Batu Engau, perlahan dan bertahap mulai ditangani dengan serius.

Selain infrastruktur jalan dan jembatan, kemudahan dalam memperoleh air bersih juga menjadi atensinya, khususnya di Desa Segendang, Kecamatan Batu Engau. Usulan itu disampaikan, sesaat dirinya meninjau progres peningkatan infrastruktur beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kepala Desa (Kades) Segendang, Ariansyah mengatakan, pada bagian selatan wilayahnya, memiliki sumber air yang tidak pernah kering bahkan kala kemarau tiba. Bahkan disebutkan, semakin lama kemarau maka sumber air tersebut akan semakin bersih.

“Sumber air bersih itu bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga, cuma perlu dibuatkan embung,” kata Ariansyah.

Namun, untuk mengakses sumber air dibutuhkan saluran air yang baik, agar masyarakat tidak perlu lagi melangsir air menggunakan kendaraan. Jarak dari sumber air ke permukiman warga, diketahui mencapai 4 kilometer.

“Tanpa harus ke sana mengambil dengan menggunakan kendaraan,” tambahnya.

Selama ini, kata Ariansyah warga setempat hanya bisa masuk menggunakan mobil untuk mengambil air dari sumbernya. Ariansyah optimis, sumber air tersebut bisa dialirkan ke desa, maka memudahkan masyarakat untuk mengambil air bersih.

BACA JUGA :  Mahyudin Usung Gagasan Kaltim Keren, Modal Awal Maju Pilkada 2024

“Rencananya kami mau buat permohonan, tapi karena kemarin sudah ketemu dengan pak Bupati, jadi kami sampaikan langsung,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser langsung diinstruktusikan untuk menindaklanjuti kebutuhan masyarakat setempat. Dengan adanya saluran air ke rumah warga, maka kebutuhan dasar warga setempat terpenuhi.

Seksi Sarana dan Prasarana DPUTR Kabupaten Paser, Arid Takarada menyatakan, akan menindaklanjuti usulan tersebut. “Kami akan menindaklanjuti usulan pembuatan embung, karena sebelumnya juga pernah dilakukan di Desa Keladen,” katanya. (bs)

Pewarta : Bhakti Sihombing, Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img