spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Paser Lepas Keberangkatan 242 Calon Jemaah Haji

PASER – Sebanyak 242 calon jemaah haji asal Kabupaten Paser dilepas Bupati Pqser, Fahmi Fadli untuk berangkat menuju Tanah Suci, Mekkah dari Gedung Awa Mangkuruku, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot, Senin (27/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Fahmi turut berpesan, agar para calon jemaah haji tetap menjaga kesehatan dan menjaga nama baik Indonesia, khususnya Kabupaten Paser. Menaati aturan yang berlaku, selalu disiplin waktu, kompak dan saling peduli satu sama lain.

“Tetap mengikuti aturan yang berlaku di sana, lakukan komunikasi, koordinasi dengan petugas dan jemaah lainnya. Saling menjaga kesehatan,” kata Fahmi.

Tahun 2024 ini, lanjut Fahmi, ada penambahan kuota 17 jemaah haji. Diharapkan ke depannya jemaah haji bertambah lagi, sebagaimana pendaftar calon jemaah haji terus meningkat setiap tahunnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser akan terus koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser. Untuk melakukan upaya-upaya agar bisa meningkatkan jumlah kuota jemaah haji.

“Tidak kalah penting, kami mendoakan supaya jemaah haji yang melaksanakan ibadah haji bisa berjalan lancar. Dan juga menjadi haji yang mabrur dan selamat sampai kembali ke Paser,” ucapnya.

BACA JUGA :  Jor-joran Lagi! Tahun ini, Paser Kembali Tingkatkan Infrastruktur Jalan, Dapat Kucuran Anggaran dari Presiden

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Paser, Nasrudin menjelaskan, dari 242 jemaah yang berangkat, terdapat 23 persen lansia. Jemaah haji yang berangkat tahun ini, merupakan jamaah haji yang melakukan pendaftaran pada Februari hingga Juni 2011 lalu.

“InsyaAllah jemaah haji akan berangkat tanggal 7 Juni 2024 pukul 07.00 Wita menuju Embarkasi Balikpapan. Dari Balikpapan menuju Embarkasi Jeddah pada 8 Juni 2024 pukul 19.50 Wita,” ujarnya.

Sekadar informasi, 242 orang jamaah dari masing masing Kecamatan, di antaranya Kecamatan Tanah Grogot 115 jemaah, Kuaro 26 jemaah, Long Ikis 13 jemaah, Long Kali 7 jemaah, Paser Belengkong 10 jemaah.

Sementara dari Kecamatan Tanjung Harapan 26 jemaah, Batu Engau 6 jemaah, Batu Sopang 25 jemaah, Muara Komam 6 jemaah, Muara Samu 2 jemaah, serta Petugas Haji Daerah (PHD) sebanyak 2 orang.

Diketahui, jemaah haji umur tertua pada tahun ini atas nama Jabi Maman Latu, 82 tahun asal Kecamatan Tanah Grogot. Sedangkan termuda atas nama Nur Afifah Sholiha, 18 tahun, menggantikan salah seorang tuanya yang telah meninggal. (adv)

BACA JUGA :  Pesan Penting Fahmi untuk 6 PTP Pemkab Paser yang Baru

Pewarta: Bhakti Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img