spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Mahulu Terima Kunjungan Kerja Balitbangda Provinsi Kaltim

UJOH BILANG– Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh menerima kunjungan kerja dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Balitbangda Kaltim), dalam rangka Penjaringan Peserta Inovasi Kreativitas Pelayanan Perangkat Daerah (Pepes Ikan Peda), Kamis (08/11/22).

Rombongan diterima di kediaman Dinas Bupati Mahulu. Turut hadir mendampingi, Kepala DPMK Damianus Tamha, Tenaga Teknis Gerbangmas P2MKM Murjani Baraq, Kepala Bidang Pemerintah Kampung Yohanes Belawan Hibau, serta perwakilan OPD terkait.

Dalam kesempatan itu Bupati menjelaskan terkait inovasi daerah di Kabupaten Mahulu dalam program ketahanan pangan. ”Di Mahakam Ulu ada dua pertanian yang kita laksanakan, yang pertama pola mandiri dikelola oleh masyarakat kampung secara keseluruhan dan yang kedua inovasinya adalah program 10 hektare per kampung, yang dibuka dari tahun 2021 dengan tujuan untuk mendukung produksi oleh petani mandiri agar bisa mencapai ketahanan pangan,” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan program 10 hektare tersebut didukung oleh alokasi dana kampung, yang dilaksanakan oleh 50 kampung se-Kabupaten  Mahulu, dengan kebutuhan lokal yang diutamakan dengan tujuan masyarakat sejahtera tanpa kekurangan pangan.

“Hal ini juga didukung dengan program yang dianjurkan oleh pak presiden kita supaya masyarakat Indonesia mengutamakan program ketahanan pangan untuk menghadapi kemungkinan krisis global dunia di tahun mendatang karena pengaruh ekonomi yang tidak stabil. Inilah inovasi yang kami buat di Kabupaten Mahakam Ulu dan sudah di-launching tahun 2022, hasilnya cukup lumayan dan diusahakan produksi pertanian tanaman padi ini bersifat organik,” jelas bupati

Tidak lupa bupati memohon dukungan dari semua pihak, terutama Gubernur Kaltim dan pemerintah pusat dalam mendukung program-program pembangunan yang ada di  Mahulu.

Hadir dari Balitbangda Kaltim, diantaranya Analis Kebijakan Ahli Muda Adji Ismail, Peneliti Ahli Pertama Bidang Teknik Lingkungan Harsom Maryanto, Pengadministrasi Program dan Tata Operasional Magdalena.(adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img