spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bulan ini, Pedagang Pasar Pagi Pindah ke Segiri Grosir dan Plaza Mulia

SAMARINDA – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terkait relokasi Pasar Pagi mulai dilakukan. Tim Relokasi Pasar Pagi baru-baru ini memulai sosialisasi rencana pemindahan kepada para pedagang di Segiri Grosir pada Selasa (12/12/2023).

Ridwan Tassa, Asisten I Sekretariat Daerah Kota Samarinda selaku Ketua Tim Relokasi Pasar Pagi mengatakan, khusus untuk Segiri Grosir dan Plaza Mulia, area tersebut akan diperuntukkan bagi para pedagang konveksi eceran dan grosir, serta pedagang emas.

“Yang direncanakan akan dipindahkan di Segiri Grosir. Nantinya, yang selebihnya akan kita bawa ke Plaza Mulia,” ujarnya.

Untuk persiapan relokasi tersebut, Pemkot Samarinda telah menyewa 866 lapak di Segiri Grosir dengan biaya sebesar Rp3,6 miliar untuk tahun 2024. Lapak tersebut terdiri dari 526 kios dan 340 ruang terbuka. Harga sewa tersebut sudah termasuk fasilitas air.

“Para pedang diharapkan tertib dalam menempati kios-kios yang telah disediakan,” pinta Ridwan.

Ridwan berharap agar para pedagang dapat memaklumi rencana relokasi yang sedang dilakukan saat ini. Pemkot Samarinda berkomitmen bahwa kondisi ini hanya akan berlangsung selama satu tahun saja.

BACA JUGA :  Seharusnya Ditangkap Malah Mengajak Damai, Penambang Ilegal di Muang Dalam Minta Warga Beri Jalan Angkut Batu Bara  

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Samarinda, Marnabas, menambahkan bahwa penempatan kios akan dilakukan secara acak atau melalui sistem undian. Hal ini dilakukan demi menjaga keadilan antara para pedagang. Pihak Disdag juga telah membuka posko pengaduan untuk masalah yang dialami para pedagang, seperti surat keterangan usaha atau kepemilikan toko.

“Saya minta untuk pemilik kios bukan hanya melengkapi berkas, tapi juga melampirkan foto kios terbarunya, jangan foto lama yang dikasih ke kami agar kami bisa melihat kebenaran bahwa itu adalah kios Bapak/Ibu,” katanya.

Dalam waktu dekat, para pedagang Pasar Pagi akan dipanggil kembali ke Pasar Segiri  untuk mengikuti undian kios. Ditargetkan bahwa para pedagang sudah dapat menempati Segiri Grosir pada bulan Desember ini.

“Pemkot Samarinda berharap agar seluruh proses relokasi dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kenyamanan bagi para pedagang serta pengunjung Pasar Pagi,” tutupnya.

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img