spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buka MTQ di Samarinda Ilir, Andi Harun Harap Generasi Muda Tumbuh Bermanfaat Bagi Bangsa

SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Andi Harun resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Samarinda Ilir, pada Sabtu (18/2/2023).

Dalam sambutannya, Andi Harun berharap melalui kegiatan MTQ ini dapat menjadi sarana pembentukan pribadi sosial bagi generasi muda agar lebih menghargai keberagaman di Indonesia.

“MTQ ini dari tahun ke tahun dilaksanakan agar generasi muda kita tumbuh menjadi generasi yang memberi manfaat kepada kemanusiaan, agama, bangsa dan negara,” ucap Andi Harun.

Diketahui, kegiatan MTQ ini diikuti oleh lima Kelurahan yang ada di Kecamatan Samarinda Ilir dengan total peserta sebanyak 200 orang.

Lanjut Andi Harun, jika peserta mengamalkan nilai-nilai dari Alquran, maka mereka juga dapat meresonansi kehidupan bernegara berbangsa bermasyarakat di sebuah negeri. Ia pun berpesan kepada para peserta lomba agar juara dan hadiah hanya sebagai instrumen.

“Itu sebabnya Mengapa MTQ ini dari tahun ke tahun dilaksanakan, agar generasi muda kita tumbuh menjadi generasi yang memberi manfaat kepada kemanusiaan kepada agama dan kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Wakil Wali Kota Samarinda Ikuti Upacara Hari Santri Nasional

“Kita jadikan Al Qur’an dan seluruh sistem ajarannya menjadi sumber utama pembentukan akhlak mulia bagi manusia,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Samarinda Ilir, Ramdani mengatakan kegiatan tersebut bukan hanya sebagai ajang perlombaan saja. Namunjuga sebagai sarana untuk terus bisa mengasah kemampuan pesertanya.

“Jika belum juara maka tentu ada kemampuan teknis dalam saritilawah yang harus lagi ditingkatkan di dalam masa pelatihan, sehingga pada tahun berikutnya bisa mengikuti dengan lebih baik lagi,” sebutnya.

Ramdani juga mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ tahun ini kualitas pesertanya lebih meningkat. Apalagi jika di antara peserta yang mengikuti MTQ nantinya ada yang berhasil menoreh prestasi di tingkat nasional.

“Harapannya, dengan kegiatan MTQ ini bisa membentuk karakter generasi muda menjadi lebih baik lagi ,kedepannya lagi diharapkan lebih dikembangkan lagi, mudah-mudahan ada lagi qori dan qoriah yang bisa menoreh prestasi tingkat nasional,” pungkasnya. (adv/vic)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img