spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buka Kesempatan Kerja Lewat Job Fair, Upaya Pemkab Kukar Tekan Angka Pengangguran

TENGGARONG – Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kutai Kartanegara (Kukar), kembali menggelar rangkaian Job Fair. Diselenggarakan selama dua hari, sejak tanggal 15-16 November 2023. Terpusat di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang.

Dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Distransnaker Kukar, Muhammad Hatta, ini menjadi salah satu program dedikasi Kukar Idaman yang masuk dalam wewenang Distransnaker Kukar. Yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“Hari ini kami Distransnaker Kukar memberi kesempatan kepada masyarakat Kukar untuk dapat ikut serta,” ujar Hatta, Rabu (15/11/2023).

Total ada 34 perusahaan yang ikut ambil bagian dalam Job Fair 2023 Jilid II. Terbanyak diisi oleh 11 perusahaan tambang batu bara, 4 perusahaan perkebunan. Diikuti sektor pendanaan, perdagangan dan perbankan. Dengan kuota 740 lowongan pekerjaan berbagai posisi, diantaranya 160 jabatan yang disediakan.

“Kita lihat (pencari kerja) sangat banyak dibanding bulan Juli, perusahaan yang ikut diundang lebih banyak,” lanjutnya.

Hatta pun berharap banyak pencari kerja asal Kukar yang bisa terserap dalam Job Fair kali ini. Termasuk meminta para perusahaan yang ikut serta untuk menekan persyaratan yang harus dimiliki oleh pelamar. Diantaranya terkait sertifikasi. Terbukti ada beberapa perusahaan yang membuka kesempatan kerja non pengalaman.Namun ia pun berharap para pencari kerja bisa membekali dirinya dengan keahlian secara mandiri.

Sementara itu, tanggapan positif pun mengalir dari Budiaris, salah satu pencari kerja yang hadir dalam Job Fair hari pertama. Pencari kerja yang merupakan fresh graduate ini pun membuat peluang dirinya mendapatkan pekerjaan sedikit terbuka. Terlebih yang dirasakannya saat ini, sangat sulit mencari pekerjaan.

“Selain itu berharap Job Fair ini terus dilaksanakan Pemkab Kukar, lebih baik lagi dalam setahun sebanyak-banyak Job Fair dilaksanakan, sehingga jumlah pengangguran di Kukar bisa ditekan,” tutup Budiaris. (adv)

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img