spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Budidaya Cacing Sutra Jadi Alternatif Pakan Ikan

PASER– Melihat besarnya potensi dari hasil ternak ikan air tawar di Kecamatan Batu Sopang, berdampak pada tingginya kebutuhan pakan ikan. Hal itu dinilai jadi kebutuhan lagi, selain ketersediaan yang dipastikan aman, biaya pemenuhannya pakan juga jadi pertimbangan.

Untuk itu, melalui Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Daya Taka, PT. Pamapersada Nusantara memberikan pelatihan budidaya cacing sutra yang menjadi alternatif namun yetap memiliki nilai protein cukup tinggi sesuai dengan kebutuhan budidaya sektor perikanan.

Koordinator LPB Daya Taka PT. Pamapersada Nusantara, Rusdi Asri menyampaikan, pihaknya menilai bahwa perkembangan budidaya perikanan cukup berpotensi meningkatkan ekonomi. Namun perlu diberikan dukungan guna memberikan hasil yang maksimal.

“Sebelumnya kelompok budidaya sektor perikanan disini untuk memenuhi pakan harus membeli pakan pabrikan, selama ini masih berjalan, tapi hasilnya tidak bisa maksimal, makanya kami mencoba untuk mengajak melakukan pembudidayaan cacing sutra,” ucap Rusdi Asri.

Sementara itu, Siti Aisyah selaku Instruktur menyampaikan, alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya cacing sutra juga sangat mudah untuk dijumpai seperti molases, EM4, ember, ampas tahu, dedak halus, pompa air ukuran kecil, paralon, dan rak sederhana.

BACA JUGA :  Setelah Habiskan Rp 4,7 Miliar, Larang Aktivitas Warga di Kawasan Kantor Bupati Paser

“Selama ini, usaha budidaya cacing sutra identik dengan becek, bau, kotor, belepotan lumpur, dan sebagainya sehingga tidak layak serta dipandang sebelah mata justru dapat digunakan sebagai lahan penghidupan atau lahan bisnis,” jelasnya.

Selanjutnya, CSR Sectio Head PT.Pamapersada Nusantara District Kideco, Bayu Handoko Suparman, menyebut PT. Pamapersada Nusantara, dalam mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat, telah melaksanakan berbagai program kepada masyarakat sekitar.

“Tidak hanya memberikan program kepada masyarakat, tapi juga secara bertahap kami monitoring terkait perkembangan bisnis yang dilaksanakan masyarakat, sehingga program yang kami terapkan mampu mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta : Bhakti Sihombing
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img