spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buaya Berukuran 3,5 Meter Masuk Pekarangan, Ditaklukan Sang Pawang

SANGATTA – Warga di Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, dihebohkan dengan adanya buaya raksasa di Sungai Aji. Tak butuh waktu lama, warga pun langsung menangkap dan mengikat buaya tersebut.

Aksi penangkapan reptil itu pun sempat menjadi tontonan warga sekitar lokasi serta viral di media sosial facebook dan telah 20 ribu kali ditonton oleh warganet.

Kapolsek Bengalon, Iptu Dedik saat dihubungi awak media juga membenarkan terkait dengan penangkapan hewan raksasa itu di Sungai Aji.

“Pada hari selasa (3/5/2022) malam, buaya ini masuk ke perkarangan milik warga. Kemudian warga bersama dengan pawang buaya lokal menangkap buaya tersebut,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (5/5/2022).

Besar dari ukuran buaya yang diamankan oleh warga itu pun tak main-main. Ukurannya mencapai panjang 3,5 meter dengan lebar 0,5 meter.

Sebab termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi, Iptu Dedik pun meminta agar evakuasi buaya tersebut dilakukan secara hati-hati guna menghindari terbunuhnya reptil itu.

Ia menguraikan bahwa memang warga di Kecamatan Bengalon cukup mahir dalam melakukan evakuasi mandiri atas hewan buas tersebut.

BACA JUGA :  Gelar Apel Kesiapsiagaan di Kutim, Bangun Sinergitas Pencegahan Karhutla

“Mereka (Warga Bengalon) itu sudah pengalaman kok. Hal seperti itu (evakuasi buaya) sudah biasa dilakukan. Teknik-teknik dalam proses evakuasi buaya itu mereka sudah sangat paham,” imbuhnya.

Pasca penangkapan buaya tersebut, warga kemudian memberikan kendali penuh kepada Polsek Bengalon untuk ditindak lanjuti.

Buaya itu pun juga sempat menjadi tontonan warga selama kurang lebih sehari semalam di Halaman Mako Polsek Bengalon, hingga akhirnya di jemput oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur.

“Warga Bengalon mempercayakan kepada Polsek untuk kemudian diserahterimakan ke BKSDA,” pungkasnya. (Vic)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img