spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPSDM Kaltim Gelar Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

SAMARINDA – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, bertempat di Aula Utama BPSDM Provinsi Kaltim, Selasa (10/10/23).

Agenda ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh BPSDM Kaltim. Sebagai wadah ikhtiar untuk terus mengenang dan mencintai Nabi Besar Muhammad SAW tauladan umat Islam seluruh dunia.

Acara dirangkai dengan mendengarkan sari tilawah Qur’an dan dilanjutkan dengan ceramah keagamaan Islam, berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi mengajak kepada seluruh pegawai yang hadir untuk meneladani akhlak Rasulullah.

“Melalui peringatan ini harapan kita adalah semua bisa mengenang kembali sejarah perjuangan beliau. Dalam hal ini kita juga ingin mengambil pelajaran dari kegiatan ini terutama bagaimana kita bisa melihat sifat mulia yang juga merupakan momentum yang sangat baik untuk menjalin silaturahmi yang erat dan juga rasa kebersamaan,” ucapnya.

Hal ini dibenarkan oleh Penceramah Guru Achmad Zaini. Ia menyampaikan, Nabi Muhammad SAW adalah teladan bagi setiap umat Islam di seluruh penjuru dunia. Setidaknya ada 4 amal atau kebiasaan yang bisa dilakukan sebagai pintu masuk menuju surga.

BACA JUGA :  BKPSDM Kota Samarinda Tutup Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan ke-17 2023

“Sebagaimana dijelaskan dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah telah memberikan beberapa penjelasan, yang akan menghantarkan kita menuju surga Allah SWT” ucap Guru Achmad Zaini.

Yang pertama yaitu menebar Salam, Orang yang menghendaki untuk masuk surga adalah mereka yang menebarkan salam, perdamaian dan kasih sayang. Menebarkan perdamaian bisa diawali dengan memberi ucapan salam kepada saudara kita.

Kedua yaitu Dermawan, Selain kita diwajibkan untuk mengeluarkan nafkah untuk keluarga, atau mengeluarkan zakat atas harta, Nabi menganjurkan bersedekah, terutama bagi orang yang membutuhkan.

“Mengapa memberikan makanan dapat menghantarkan kita menuju surga? Karena orang yang senang memberikan makanan adalah orang yang dekat dengan surga.” Ujar Beliau

Selanjutnya, yaitu menjalin silaturahmi kepada semua, dan yang keempat adalah menjalankan sholat sunnah di ujung waktu malam.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H ini diikuti seluruh jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) yang ada di BPSDM Kaltim. (Han/ADV/BPSDM)

Pewarta : Hanafi

Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img