spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPBD Kutim dan PAMA INDO Kolaborasi Mitigasi Bencana Kebakaran di Desa Kandolo dan Martadinata

TELUK PANDAN – BPBD Kutim bekerjasama dengan PT Pamapersada Nusantara Site Indominco (PAMA INDO) menggelar kegiatan Pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA), pelatihan dan pembentukan desa siaga bencana, Selasa (22/5/2023). Kegiatan tersebut rencananya berlangsung di Desa Kandolo dan Desa Martadinata.

Hari Selasa hingga Kamis ini kegiatan berlangsung di BPU Desa Kandolo. Kegiatannya berupa sosialisasi pembentukan Desa Tanggap Bencana (Destana).

Kepala BPBD Kutim, Idris Syam mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sosialisasi pemadaman kebakaran kepada masyarakat di Kecamatan Teluk Pandan.

Tujuannya untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan khususnya di 2 desa, Desa Martadinata dan Desa Kandolo.

“Walaupun 2 tahun belakangan ini jarang terjadi kebarakan, namun kami harus tetap waspada. Karenanya kami libatkan warga dan perusahaan untuk sama-sama berlatih pencegahan kebakaran,” ujarnya.

Dalam upaya mitigasi bencana ini diharapkan ada keterlibatan langsung dari perusahaan-perusahaan. Agar tidak hanya saat ada kebakaran hutan saja, namun jenis-jenis bencana lainnya.

“Kami senang adanya kolaborasi dengan PAMA INDO. Selain PAMA ikut terlibat dalam sosialisasi, PAMA juga sudah memiliki program-program pencegahan bencana. Semoga kerjasama ini semakin ditingkatkan ke depannya,” imbuh Idris.

BACA JUGA :  Bakhtiar Wakkang Minta Perda CSR Segera Dirampungkan

Selain bekerjasama dengan PAMA INDO, BPBD Kutim juga menggandeng Tim Manggala Agni Balai PPI area Kalimantan-KLHK.

Kepala Desa Kandolo, Alimuddin mewakili Pemerintah Desa Kandolo dan MPA Desa Kandolo berterima kasih pada dukungan semua pihak, atas ilmu yang diberikan, serta dukungan yang luar biasa dari perusahaan yang ada di sekitar Desa Kandolo, terutama dari PAM INDO yang telah melibatkan langsung tim resceunya dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sukses. Mulai dari penyajian materi hingga simulasi pencegahan kebakaran hutan yang disupport oleh PT.Pama Persada Bontang, dan Agni serta Polsek Teluk Pandan dan Koramil Teluk Pandan,” pungkasnya.

Sementara itu, Yasser Pramana, CSR Dept. Head PAMA INDO mengatakan, PAMA sangat peduli dengan pencegahan bencana utamanya di ring 1 perusahaan. Karenanya PAMA INDO menyambut baik kolaborasi program mitigasi bencana kebakaran yang diinisiasi oleh BPBD Kutim

Dalam sosialisasi tersebut PAMA INDO menurunkan Tim ERT PAMA untuk memberikan pelatihan pemadaman api ringan menggunakan APAR kepada warga. Instruktur yang diturunkan pun merupakan instruktur yang berpengalaman dan telah bersertifikasi nasional.

BACA JUGA :  Hadir di Balikpapan, Presiden: BSU untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan

“Instruktur kami dari Tim ERT PAMA atas nama Irwansyah yang sudah tersertifikasi dari BASARNAS dan KemenESDM,” beber Yasser menjelaskan. (adv/al)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img