spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bontang Smart Festival Dibuka, Masyarakat Bontang Diharapkan Melek Teknologi

BONTANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomindo) Bontang membuka kegiatan Bontang Smart Festival 2023 pada Kamis (22/6/23) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kita Bontang.

Kegiatan Smart Festival ini menampilkan expo kecil-kecilan yang menampilkan beberapa UMKM Bontang, seminar event yang membahas terkait digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari, dan turnamen e-sport.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Anwar Sadat mengatakan bahwa peserta kegiatan ini dinilai cukup antusias karena jumlah peserta yang hadir melebihi target yang diharapkan.

“Awalnya kami menargetkan 200 peserta, namun dari daftar hadir yang sudah kami periksa, jumlah peserta yang hadir mencapai lebih dari 300,” jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Bontang dapat mengenal teknologi dengan baik, mengingat semua aspek kehidupan saat ini telah menggunakan teknologi, dan kita telah memasuki era digitalisasi.

Narasumber yang dihadirkan dalam acara ini membahas tentang penggunaan teknologi dalam pengukuran ketinggian sungai-sungai yang ada di Bontang menggunakan alat, serta menghadirkan narasumber dari Tokopedia yang menjelaskan bahwa penjualan online juga dapat meningkatkan UMKM Bontang.

“Digitalisasi ini juga berpengaruh terhadap perkembangan UMKM Bontang, oleh karena itu, kami menghadirkan Tokopedia untuk memberikan informasi tentang cara memasarkan produk,” lanjutnya.

Selain itu, seminar event yang akan dilaksanakan pada hari kedua, Jumat (23/6/23) hari ini, juga akan menghadirkan dua narasumber lain yang akan membahas tentang pembayaran non-tunai dan cara-cara untuk menghindari penipuan yang marak terjadi dalam era digitalisasi.

“Kami ingin masyarakat Bontang benar-benar mengenal teknologi, namun tetap dengan pengetahuan agar tidak mudah ditipu,” tambahnya.

Mayoritas peserta yang hadir adalah pelaku UMKM dan pelajar. Hal ini disebabkan karena peran penting pelajar dan pelaku UMKM dalam menerapkan, memahami, dan membagikan manfaat digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Anwar menyadari bahwa kegiatan ini masih sederhana, namun ia telah merencanakan untuk mengadakan acara yang lebih besar dengan skala nasional di masa depan. (sya/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img