spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bontang Dinobatkan Jadi Kota Pancasila Pertama di Indonesia

BONTANG – Kota Bontang dinobatkan menjadi daerah pertama sebagai Kota Pancasila se-Kaltim bahkan se-Indonesia. Hal ini dikuatkan dengan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) Pemkot Bontang bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rabu (11/10/2023).

MoU Pemerintah Kota Bontang dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai tanda kolaborasi BPIP bersama Pemerintah Kota Bontang dalam penguatan dan pembinaan ideologi bagi ASN di Kota Bontang.

Wali Kota Bontang, Basri Rase mengapresiasi hal tersebut, karena Kota Bontang merupakan satu-satunya daerah pertama melakukan MoU bersama BPIP dalam rangka pembinaan ideologi dalam pemerintah.

Kepala Dinas Kesbangpol, Sigit Alfian mengatakan, Kota Bontang dipilih sebagai Kota Pancasila, karena Bontang dinilai menjadi kota yang kondusif. Padahal, Bontang memiliki latar belakang suku, budaya dan agama yang berbeda namun tetap hidup berdampingan dengan tenteram.

“Ini suatu kebanggaan untuk kita, karena Bontang daerah pertama di Indonesia yang dinobatkan sebagai Kota Pancasila,” kata Sigit.

Setelah dilakukan penandatanganan MoU pemerintah akan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) sebagai landasan membumikan Pancasila. Penguatan dan pembinaan ideologi bagi aparatur sipil negara di Kota Bontang

“Saat ini untuk Perdanya sedang kami bahas, nanti implementasinya pada Peraturan Wali kota (Perwali),” jelasnya.

Setelah itu dilakukan pembacaan Deklarasi Kota Pancasila yang dipimpin oleh Wali Kota Bontang dan di ikuti bersama-sama oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir.

Penulis: Syakurah
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img