spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Blueprint Smart City Nusantara Diluncurkan, Jadi Acuan Pembangunan IKN Layak Huni 

PENAJAM  – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meluncurkan blueprint (cetak biru) Smart City (kota cerdas) Ibu Kota Nusantara (IKN). Dokumen inilah yang menjadi acuan dalam pembangunan infrastruktur dan kondisi di wilayan pusat negara Indonesia yang baru.

Blueprint Smart City  Nusantara ini bertujuan untuk mewujudkan IKN sebagai kota yang layak huni. Dengan memperhatikan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono menjelaskan cetak biru ini akan memberi gambaran, acuan, dan panduan strategis bagi pemangku kepentingan dan juga masyarakat tentang visi dan misi IKN.

“IKN memiliki visi untuk menjadi liveable and lovable city (kota yang layak huni dan dicintai). Oleh karena itu, dokumen ini juga akan berisi bagaimana mewujudkannya,” katanya, Kamis (28/12/2023).

Di dokumen itu menyediakan berbagai komponen perkotaan yang menjamin kualitas hidup yang baik. Seperti air dan udara yang sehat, tata kota yang teratur, aksesibilitas yang baik, serta kondisi perkotaan yang aman dan nyaman.

”Dokumen yang memuat rancangannya serta implikasinya bagi masyarakat dan bangsa di masa depan,” tambahnya.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Nomor 014 tentang Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara, dokumen ini juga bertujuan untuk merangkul pemangku kepentingan dalam proses pembangunan dan pengembangan kota. Yakni untuk mencapai titik keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, pemerataan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, serta kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Deputi Transformasi Hijau dan Digital Prof Mohammed Ali Berawi menambahkan, dokumen ini juga dapat menjadi panduan komprehensif bagi pemangku kepentingan lainnya. “Cetak Biru ini juga akan memuat berbagai aspek perkotaan yang dibagi dalam enam domain sebagai landasan strategis pembangunan Ibu Kota Nusantara,” sebutnya.

Adapun Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw mengatakan peluncuran cetak biru ini merupakan tonggak penting dalam pembangunan IKN. Merupakan dokumen komprehensif yang memuat visi, misi, dan strategi pembangunan IKN yang menjadi panduan bagi pemangku kepentingan dan masyarakat.

Tentunya lewat cetak biru ini, pembangunan IKN sebagai peradaban baru akan berjalan sesuai rencana. Blueprint smart city Nusantara ini juga bisa diakses secara terbuka di laman https://ikn.go.id/CetakBiruKotaCerdasNusantara.

”Kami akan bekerja keras mewujudkan IKN sebagai kota yang layak huni dan dicintai, dengan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai Indonesia emas 2045,” tutupnya. (rls)

Pewarta : Nur Robbi
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img