spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BLT Kehutanan akan Disalurkan Minggu Ketiga Desember

TANJUNG REDEB – Sebanyak 1.600 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Berau bakal dapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dari Dana Bagi Hasi Dana Reboisasi (DBH-DR) senilai Rp 5 miliar.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Berau, Iswahyudi menyebut, pencairan paling lambat akan dilakukan minggu ketiga bulan Desember. Sementara, saat ini masih menyesuaikan data penerimanya. Seperti, kesesuaian Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Dalam waktu dekat, kira-kira minggu ini kita harap sudah selesai pendataan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, penyaluran BLT DBH-DR ini sebenarnya sama dengan BLT lainnya, hanya bersumber dari pendanaan yang berbeda. Syarat tambahannya penerima merupakan masyarakat yang bermukim di sekitar area hutan.

“Karena penerimanya dinilai juga turut membantu pelestarian hutan di Bumi Batiwakkal,” bebernya.

Disebutnya, penerima paling banyak yakni di Kecamatan Sambaliung. Bahkan, di daerah perkotaan Tanjung Redeb juga ada yang dapat yakni di Kelurahan Gunung Panjang. Sejauh masih memenuhi persyaratan maka bisa menerima BLT tersebut.

“Dia itu kan indikatornya miskin dan di sekitar hutan, nilainya sebesar Rp 300 ribu dikali 6 bulan. Jadi sekitar Rp 1,8 Juta,” terangnya.

BACA JUGA :  Diterkam Buaya di Sungai Labu, Bocah di Berau Belum Ditemukan

Pencairan BLT tersebut bekerja sama dengan Bank Kaltimtara untuk berikutnya disalurkan kepada peneriman. Di mana tujuan utamanya yakni mengentaskan kemiskinan di Berau. Serta untuk mengendalikan inflasi daerah.

“Paling lambat minggu ini selesai, tinggal transfer dan nanti diambil di Bank Kaltimtara. Sehingga paling lambat minggu depan sudah tersalurkan,” jelasnya.

Pewarta: Amnil Izza
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img