spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bimtek Panitia Pilkakam Serentak, Bupati Berau Ingatkan Panitia Laksanakan Tugasnya dengan Baik

TANJUNG REDEB – Bimtek bagi panitia pemilihan tingkat kampung dan pemilihan tingkat kecamatan dalam rangka Pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) Serentak se-Kabupaten Berau tahun 2023, baru saja digelar di RPJPD Bapelitbang, Selasa (25/7/2023).

Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Bupati Berau Sri Juniarsih. Ia mengatakan, pemilihan kepala kampung harus bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Makanya sangat diperlukan kegiatan santiaji atau pemberian petunjuk sebagai bekal bagi para panitia pemilihan kepala kampung.

“Itu dilakukan untuk menyamakan persepsi sekaligus pandangan dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dalam pelaksanaan pemilihan kepala kampung serentak,” jelasnya.

Nantinya akan dipaparkan mengenai tugas panitia Pilkakam sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 58 Tahun 2019 Pasal 14 Panitia Pemilihan Kepala Kampung, mulai dari tahap perencanaan, pengkondisian, hingga pasca-pemilihan.

Mengingat, Pelaksanaan pemilihan Kepala Kampung serentak Tahun 2023 ini nantinya akan diikuti oleh 53 Kampung, yang mana tidak lepas dari berbagai tantangan dan memerlukan panitia yang cakap.

Sri mengingatkan agar panitia Pilkakam nantinya dapat melaksanakan tugas, dan fungsinya dengan benar, efektif, dan efisien, khususnya yang berkaitan dengan masalah berkas pencalonan kepala kampung.

“Silakan dikoordinasikan dengan OPD terkait jangan sampai nanti ada masalah setelah jalannya roda pemerintahan kampung bahkan setelah kepala kampung dilantik dan diambil sumpah,” tegasnya.

Ia juga berharap, melalui Pilkakam 2023 ini akan menghasilkan para kepala kampung yang amanah, yang dapat memajukan dan mensejahterakan kampungnya. (Mnz)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img