spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bimtek Kepemimpinan Ketua RT di Belimbing, Najirah: Ketua RT Harus Menguasai Kepemimpinan

BONTANG – Ketua-ketua RT di Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat mengikuti Bimtek mengenai leadership dan teamwork. Sebanyak 51 Ketua RT akan diberikan materi mengenai kepemimpinan sesuai dengan tugas sebagai pemimpin di cakupan satu wilayah.

Lurah Belimbing, Dwi Andriyani mengatakan ketua-ketua RT dapat menjadi pemimpin atau ‘leader’ di wilayahnya sesuai dengan kapasitasnya sebagai ketua RT. Peningkatan kapasitas ketua RT ini juga sejalan dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang mengenai peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dwi mengatakan prestasi-prestasi yang diraih oleh Kelurahan Belimbing tidak terlepas dari peran ketua-ketua RT di Kelurahan Belimbing.

“Banyak prestasi Kelurahan Belimbing yang telah diraih berkat bantuan ketua RT,” kata Dwi Andriyani, Sabtu (12/8/2023) saat pembukaan Bimtek ketua RT di Hotel Bintak Sintuk.

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah saat membuka Bimtek kepemimpinan di Kelurahan Belimbing. (Yahya Yabo/Media Kaltim)

Lanjut Dwi, untuk mencapai visi misi Kota Bontang, perlu adanya peningkatan kapasitas pada ketua RT sebagai bagian terdepan dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat.

“Jadi lingkungan terkecil dulu, dari lingkup pemerintah ujung tombaknya di ketua RT. Berkat dukungan dari ketua RT, Belimbing meraih prestasi,” kata Dwi.

BACA JUGA :  Wujudkan Ekonomi Mandiri, Basri Minta Pemuda Bontang Ciptakan Peluang Usaha

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah menerangkan bahwa kapasitas ketua RT sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas ketua RT. Selain sebagai pelayan masyarakat di tingkat RT, ketua RT juga mendukung program-program Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Tanpa ketua RT, keberhasilan program pemerintah akan berkurang. Di tingkat kelurahan dan Ketua RT sebagai garda terdepan,” kata Najirah.

Selanjutnya Najirah mengatakan pelatihan kepemimpinan sangat penting bagi masyarakat terlebih sebagai ketua RT yang memimpin suatu wilayah terkecil.

“Pada kesempatan ini kita juga merenungkan betapa pentingnya kepemimpinan bagi ketua RT. Dimana ketua RT menghadapi permasalahan masyarakat,” ungkap Najirah.

Selain itu, peran ketua RT sangat membantu dalam menjalankan pemerintah karena lebih mengetahui permasalahan warga.

“Dengan adanya Bimtek ini dapat menambah pengetahuan dan peningkatan SDM bagi ketua RT. Saya apresiasi kepada lurah Belimbing,” pungkas Najirah. (adv/yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img