spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Beseprah, Momen Kebersamaan Sultan dan Rakyat Lewat Makan Bersama

TENGGARONG – Ribuan warga Tenggarong tumpah ruah di sepanjang Jalan Diponegoro, Kelurahan Panji. Mereka bersukacita mengikuti beseprah, makan bersama dengan Sultan Aji Muhammad Arifin di depan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, atau kini Museum Mulawarman.

Sekitar 500 meter, berbagai makanan terhampar di atas jalan. Mulai dari kue hingga makanan Kutai. Diawali pemukulan kentungan oleh sultan, tua, muda hingga anak-anak, langsung menikmati makanan sambil duduk bersila dan berjejer memanjang.

Suasana masyarakat Tenggarong yang menikmati hidangan sarapan dalam acara Beseprah. (Rafi’i/Media Kaltim)

Acara dihadiri Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid dan Wakil Ketua DPRD Kukar M Alif Turiadi, tampak pula jajaran Forkopimda Kukar. Sultan Aji Muhammad Arifin menyebutkan, Beseprah yang menjadi bagian Pesta Erau Adat Kutai, menunjukkan kesetaraan antara pemimpin dan rakyatnya.

“Ada Erau pasti ada beseprah. Bentuk Sultan mengayomi rakyatnya. Semenjak dulu Sultan pertama, tidak ada perbedaan antara rakyat dan sultannya,” ungkap Sultan Aji Muhammad Arifin, Kamis (29/9/2022).

Apalagi Kukar kini menjadi daerah yang beririsan langsung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Maka budaya Beseprah dan Pesta Erau Adat Kutai harus dilestarikan, agar tidak terkikis bahkan bisa terus berkembang menjadi suatu kearifan lokal.

BACA JUGA :  21 Bangunan Ludes Terbakar di Desa Sungai Payang, Kerugian Capai Rp 3 Miliar

“Juga dengan adanya IKN bisa memperkenalkan adat dan budaya kita (Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura),” kata Sultan Aji Muhammad Arifin. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono mengapresiasi terselenggarannya Beseprah, meski beberapa jam menjelang acara dilaksanakan hujan turun cukup deras.

“Partisipasi masyarakat saya lihat lebih tertib dibanding tahun lalu. Tidak ada kekacauan dan kegiatan yang dilakukan sebelum dimulai oleh Sultan,” beber Sunggono.
Sunggono juga berterima kasih kepada seluruh OPD dan beberapa pihak yang turut mendukung berlangsungnya acara.

“Semoga kebersamaan ini betul-betul menunjukan pemimpin dan masyarakat bersatu padu termasuk kesultanan dalam momen yang sakral tapi juga berkah untuk semua,” tutup Sunggono. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img