spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berbas Tengah Terbakar: Pemilik Sedang Melaut, Rumah Hangus Dilalap Api

BONTANG – Kebakaran yang menghabiskan salah satu rumah warga di Jalan Zambrut, RT 48, Berbas Tengah, diduga adanya konslet listrik. Kejadian tersebut sekitar pukul 15.00 Wita, pada Kamis (22/2/2024).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang, Amiluddin mengatakan, pihaknya mendapat informasi jika terjadi kebakaran di salah satu rumah warga. Mendengar hal itu, dirinya langsung mengarahkan para petugas Damkartan untuk segera turun ke tempat kejadian.

“Kebakaran rumah huni, kebetulan saat rumah kebakar sang pemilik rumah lagi pergi melaut, jadi keadaan rumah kosong. Sehingga terjadi kebakaran karena adanya kekonsletan listrik,” ucapnya saat diwawancarai via telepon, Jumat (23/2/2024).

Bangunan rumah yang terbuat dari kayu itu pun langsung lenyap dilalap api dalam sekejap beserta dengan isinya, ditambah lagi dengan cuaca yang sangat panas.
“Sekarang ini kondisi alam sedang ekstrim, dan juga panas yang sangat menyengat. Jika ada kebakaran, sangat mudah api menghabiskan semuanya dalam sekejap,” tambahnya.

Untuk pemadaman api Damkartan Bontang menurunkan sebanyak 25 petugas dengan 5 unit armada. Pemadaman tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.
“Alhamdulillah pemadaman berjalan dengan lancar, tidak ada kendala. Armada juga bisa langsung masuk ke lokasi untuk memadamkan api,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jalin Komunikasi dengan Warga Pesisir, Danramil Rukito Kunjungi Selangan dan Tihi-Tihi

Amiluddin menambahkan, bahwa beberapa hari lalu sangat banyak sekali kebakaran di Kota Bontang, terlebih lagi berselang waktunya sangat berdekatan. Dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar bisa lebih berhati-hati lagi. Jika pun ingin keluar rumah pastikan kondisi rumah aman, seperti mengecek kondisi kompor, dan juga arus listrik dalam keadaan mati.

“Sebelum berpergian pastikan kondisi dalam rumah aman, hindari pada colokan listrik yang bergandeng atau terlalu banyak. Kedua, bagi para perokok jangan sembarang membuang puntung rokok, yakinkan jika membuang puntung rokok sudah keadaan benar-benar mati, tidak lagi menyala,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img