spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berau Jadi Tuan Rumah JPD Kaltim

TANJUNG REDEB – Kabupaten Berau menjadi tuan rumah Jambore Pemuda Daerah (JPD) se-Kalimantan Timur tahun 2023 yang diselenggarakan di Halaman Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau sejak 26-29 Juli 2023.

Diikuti ratusan pemuda pemudi dari enam kabupaten/kota se-Kaltim. Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor yang wakili Bupati Berau Sri Juniarsih.

Para pemuda berkumpul menjadi satu untuk mengikuti berbagai kegiatan. Mulai dari perkemahan, pameran, diskusi program kepemudaan, pentas seni, lomba senam hingga kunjungan wisata ke Pulau Derawan.

Membacakan sambutan Gubernur Kaltim, Bupati Berau Sri Juniarsih menyambut baik terselenggaranya JPD se-Kaltim tersebut. Adapun tema tahun ini yakni, meningkatkan kemandirian dan daya saing pemuda.

“Saya bangga melihat antusias dan semangat generasi muda Kaltim yang berkumpul di acara ini. Melalui JPD ini kita rangkul potensi luar biasa yang dimiliki generasi muda kita,” ungkapnya, Rabu (26/7/2023).

Pemprov Kaltim memberi apresiasi tinggi atas digelarnya JPD untuk memperkuat keberagaman anak bangsa di Kaltim. Dalam memperkokoh nasionalisme yang religius dan meningkatkan kreatifitas serta daya saing.

“Jambore ini dijadikan momentum pengetahuan, keterampilan dan mempererat para pemuda antar kabupaten kota se-Kaltim. Karena para peserta JPD ini merupakan agen perubahan bagi daerahnya masing-masing. Maka perlu kualitas diri yang baik untuk mengenalkan kultur yang ada,” jelasnya.

“Saya harap agar seluruh peserta menjadi lebih disiplin, kreatif dan inovatif dan memiliki pengetahuan dan keterampilan wawasan luas yang dapat diberdayakan untuk mendukung pembangunan negara yang lebih baik,” harapnya.

Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Ahmad Bahri menyebut, ada enam kabupaten/kota saja yang mengikuti JPD tahun ini. Yakni, Samarinda, Balikpapan, Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Berau.

Yang mana tujuan diselenggarakannya JPD ini yakni, meningkatkan semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan. Meningkatkan nilai budaya bangsa menuju kemandirian pemuda. Meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya pemuda.

“Serta menumbuhkan sumber daya teknologi dan sumber potensi daerah menuju kemandirina. Juga menjadi tempat pembelajaran bagi pemuda untuk pengembangan diri,” terangnya.

Sementara, sumber anggaran pelaksanaan JPD tahun ini dari Dispora Kaltim dan Dispora Berau.

Deputi Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Kemenpora, Dwi Agus Susilo menyampaikan, melalui jambore para pemuda akan bertemu dan bersilaturahmi menunjukkan kapasitas dirinya yang nantinya akan berkolaborasi.

“Sebab kekuatan kolaborasi sangat dibutuhkan. Tidak hanya membangun kabupaten/kota-nya atau Kaltim saja, tapi juga menbangun Indonesia. Dan itu ada ditangan pemuda hari ini,” paparnya.

Pihaknya mengarahkan tiga hal dalam jambore tersebut, meliputi, menumbuhkembangkan budaya pop, meningkatkan kewirausahaan dan meningkatkan kesukarelawanan.

“Terus dukung semua kegiatan pemuda. Kita harap kekayaaan alam di Kaltim khususnya di Berau dapat dinikmati seluruh masyarakat dan pemuda dapat ikut terlibat keseluruhan aktivitas usaha, pendidikan dan sosial,” tandasnya. (mnz/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img