spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bawaslu Paser Sambut Baik Organisasi Ikut Awasi Pemilu 2024

PASER – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, menyambut baik peran organisasi masyarakat yang mau terlibat dalam pengawasan pemilu serentak tahun 2024.

“Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) datang ke Bawaslu menyampaikan keinginannya agar terlibat dalam pengawasan pemilu, tentu kami terbuka dan menyambut keinginan tersebut,“ kata Kepala Bawaslu Kabupaten Paser Aprianto, di Paser, Selasa (25/7/2023).

Ia mengatakan keterlibatan yang dimaksud adalah mulai dari sosialisasi tahapan pemilu sampai dengan pengawasan partisipatif.

Aprianto menilai keterlibatan FKDM sangat membantu tugas Bawaslu mengingat keterbatasan anggota dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu, dan hanya memiliki pengurus sampai di kecamatan (panwascam), sementara FKDM memiliki pengurus hingga tingkat desa.

“FKDM merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan bentukan pemerintah daerah yang memiliki pengurus di semua kecamatan dan desa, ini sangat membantu tugas kami ,” katanya.

Aprianto menambahkan saat ini baru satu organisasi yang telah menyampaikan keinginan terlibat dalam pengawasan pemilu.

Sementara itu Ketua FKDM Kabupaten Paser Zulkifli mengatakan keterlibatan dalam pengawasan pemilu bersama Bawaslu didasari pada keinginan untuk menyukseskan pemilu di daerah.

“Menyukseskan pemilu adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas penyelenggara pemilu,” katanya.

Menurutnya kesuksesan pemilu tidak hanya diukur semua tahapan berjalan lancar tetapi konflik di masyarakat bisa diminimalisir.

“Apalagi FKDM memiliki pengurus dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten. Kami ingin punya peran menyukseskan pemilu dengan mencegah konflik dan menjadikan daerah kondusif selama pemilu,” tuturnya.

Lanjutnya selain bersinergi dengan Bawaslu, FKDM juga akan bersinergi dengan lembaga-lembaga terkait guna memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan lancar dan aman.

“Peran FKDM sangat penting pada pelaksanaan pemilu. Harapannya pemilu berjalan lancar dan tidak ada konflik di masyarakat,” ujar Zulkifli. (Ant/MK)

Pewarta : Arumanto

Editor : Indra Gultom

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img