spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Barista Innovation Challenge 2023, Tumbuh Bersama Meracik Kopi Nusantara

SAMARINDA – Berlokasi di Lobby Ballroom Mercure Hotel, event quarter final Barista Innovation Challenge 2023 digelar Sabtu, (9/8/2023) siang. Kegiatan yang diikuti oleh 12 peserta ini merupakan hasil seleksi dari wilayah Kaltim, banjarmasin, pontianak dan Palu.

Di bawah dukungan dari Kemenparekraf, kompetisi kopi yang bertema “artful blends, fashionable creations” ini akan menentukan finalis yang akan kembali berlaga di acara puncak di Jakarta mendatang.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.
“Indonesia kaya akan jenis dan ragam kopi. Barista itu bukan sekedar pekerjaan tetapi lebih kepada pekerjaan kreatif dengan unsur seni tinggi. Barista adalah perajin keindahan kopi,” terang Hetifah dalam sambutannya.

Salah peserta saat sesi meracik kopi

Dijelaskan, saat ini selain bagian dari lifestyle, kopi masuk dalam industri kreatif yang efek dominonya sangat luas pada peningkatan perekonomian. “Dari penanaman, olahan, kemasan hingga penjualannya sangat berimbas baik bagi perekonomian dengan menaikkan taraf hidup pelakunya,” katanya.

Apalagi banyak jenis kopi di tanah air, sudah dikenal secara global sebagai kopi dengan citarasa dunia. Hetifah juga menerangkan bagaimana kompetisi kreatif seperti ini, sangat mendukung melahirkab SDM-SDM muda berbakat yang nantinya bisa melanjutkan trend bisnis kuliner modern yang bisa mengharumkan negeri.

“Paling penting, menurut saya, kompetisi barista innovation challenge ini bermuara pada tumbuh bersama untuk mengembangkan bisnis kopi yang mengarah kepada kemajuan dari keberagaman kopi nusantara,” paparnya. (Rs1)

Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img