spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bapelitbang PPU Umumkan 9 Pemenang Penghargaan Lomba Inovda Tingkat OPD 2023

PPU – Sembilan organisasi perangkat daerah (OPD) Penajam Paser Utara (PPU) diumumkan menjadi pemenang Lomba Inovasi Daerah (Inovda) 2023. Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) PPU mengumumkan pemenang dan pemberian penghargaan itu pada Kamis (14/12/2023).

Lomba Inovda ini merupakan kegiatan pengembangan inovasi dan teknologi di daerah. Juga merupakan salah satu bagian dari pendataan dan penginputan dalam Aplikasi Inovation Government Award (IGA) yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk mengukur indeks inovasi daerah yang diadakan setiap tahun.

Kepala Bapelitbang PPU, Tur Wahyu Sutrisno menyampaikan bahwa diadakannya lomba inovda ini, merupakan langkah awal bagi PPU untuk menciptakan inovasi yang lebih beragam. Hal ini menjadi fokus, seiring menyambut hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

“Karena kita ini sebagai Serambi Nusantara, Kita berharap selangkah lebih maju,” ucapnya.

Dalam lomba tahun ini, total peserta ada sebanyak 17, dengan jumlah inovasi sebanyak 33. Kemudian tersisa 11 peserta dengan 21 inovasi yang maju ke tahap penilaian.

BACA JUGA :  Ada Penolakan Terhadap Pj Bupati PPU Makmur Marbun, Hamdam: Karena Belum Kenal Saja

Lomba ini dibagi menjadi 3 kategori. Pertama adalah Mature Innovation, yaitu inovasi yang telah diterapkan dan manfaatnya sudah dapat dirasakan.

Kemudian kategori On Going Innovation, yaitu inovasi yang sedang dilaksanakan, yang manfaatnya belum dapat dirasakan sepenuhnya. Serta kategori Initial Innovation, yaitu inovasi yang baru dilaksanakan, yang manfaatnya belum dapat dirasakan sepenuhnya.

Pemenang pada kategori Initial Innovation : 

  • – Juara 1 : Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA_ PPU dengan inovasi Multimedia Untuk Kesejahteraan (MUTU KERAN)
  • – Juara 2 : UPT Puskesmas Sepaku I dengan inovasi Pemeriksaan HB Pada Remaja Putri Kelompok Usia 12-18 Tahun (PHP RETIKULOSIT)
  • – Juara 3 : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU dengan inovasi Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat (SIMPELMAS).

Pemenang pada kategori On Going Innovation :

  • – Juara 1 : UPT Puskesmas Babulu dengan inovasi Sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (SERUNI MASAK KAKAP),
  • – Juara 2 : Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) PPU dengan inovasi Bersama Mencetak Juara
  • – Juara 3 : UPT Puskesmas Sotek dengan inovasi Pos Malaria Hutan (POSMALHUT)

Pemenang pada kategori Mature Innovation :

  • – Juara 1 : Dinas Pertanian (Distan) PPU dengan inovasi Revitalisasi Usaha dengan Integrasi dan Konsolidasi Pelaku Usaha Peternakan di Kabupaten PPU (RUSA IKON PPU)
  • – Juara 2 : Dinas Pertanian dengan inovasi Transformasi Kelompok Tani Menuju Korporasi (TRANS KETAN JUSI)
  • – Juara 3 : Distan PPU dengan inovasi Jembrana Ditangani Selamatkan Sapi Bali (JANGAN SESALI)
BACA JUGA :  Terendam Banjir di Malam Natal, Warga Sungai Parit Desak Pemkab PPU Carikan Solusi

“Tentu saja Kita tidak berhenti pada langkah ini, tetapi ke depannya kami harapkan juga para OPD yang lain dapat termotivasi untuk berinovasi. Selamat kepada para juara, bagi yang belum memperoleh juara tetap semangat agar sukses kedepannya,” pungkas Tur Wahyu.

Pewarta : Nur Robbi
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img