spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Balikpapan Siap Siaga Hadapi Karhutla

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Balikpapan Sport Convention  Center (BSCC) Dome Balikpapan pada Kamis (7/9/2023).

Plt. Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali mengatakan, sesuai arahan Wali Kota dalam rangka penanganan kebakaran lahan dan hutan, pihaknya diarahkan dan diperintahkan untuk bersiaga.

“Kami siapkan 6 Pos di setiap kecamatan di UPT masing-masing, ditambah dengan 2 Pos pembantu dengan Posko PB, jadi semuanya ada 9 Pos yang ini regulasi standby 24 jam,” ujarnya.

Lebih lanjut Usman Ali menjelaskan, beberapa titik rawan terjadinya bencana Karhutla di antaranya wilayah Balikpapan Barat, Balikpapan Timur dan beberapa pinggiran jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

“Mudahan kita bisa sama-sama peduli akan bencana karhutla, dengan tidak melakukan bakar-bakar, baik itu sampah dan lahan sembarangan,” jelasnya.

Hingga September 2023 ini BPBD Kota Balikpapan mencatat ada 48 kasus Karhutla yang terjadi di Kota Balikpapan. Jumlah kasus Karhutla tersebut diketahui berkategorikan mulai dari tingkat kebakaran kecil, sedang dan besar.

“Ada dua faktor pemicu bencana Karhutla, yakni adanya pembukaan lahan dan fenomena alam,” tambahnya.

Adapun kebakaran lahan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dalam hal pembukaan lahan, menjadi faktor yang paling dominan pada bencana karhutla.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img