spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bakar Rumah Sendiri, Pria ODGJ Diamankan Polisi 

SAMARINDA – Menjelang waktu istirahat di malam hari, tiba-tiba masyarakat dikejutkan adanya api yang berkobar di salah satu rumah di Jalan Kakap, Kelurahan Sungai Dama, Kecamatan Samarinda Ilir. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (17/8/2023) sekitar pukul 20.30 wita.

Warga setempat pun akhirnya dibuat panik dan berhamburan ke luar rumah, mengingat lokasi kebakaran ini berada di wilayah pemukiman padat penduduk.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Samarinda, Hendra AH mengatakan bahwa kebakaran itu terjadi di bagian lantai dua rumah tersebut.

Beruntungnya, kata Hendra belum sempat api membakar habis rumah tersebut, petugas telah berhasil melakukan pemadaman.

“Asal api dari lantai dua rumah itu. Ada satu orang saja yang huni. Beruntung api cepat padam jadi tidak sampai menyebar ke rumah lain,” ucap Hendra AH saat dikonfirmasi awak media, Jumat (18/8/2023).

Namun, ada yang janggal dalam peristiwa kebakaran itu. Setelah diselidiki, ternyata asal mula api dipicu oleh pemilik rumah yang sengaja membakar kediamannya sendiri.

BACA JUGA :  Peradi Kaltim Bela Ngabidin yang Ditetapkan Tersangka, Beber Kasus ke Wartawan di Samarinda

Dugaan pembakaran rumah itu makin kuat, pasalnya saat kejadian warga juga sempat mengamankan seorang pria.

“Penyebab pasti saat ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” pungkasnya.

Dikofirmasi terkait kebenaran pembakaran rumah ini, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli melalui Kapolsek Samarinda Kota, Kompol Tri Satria Firdaus juga turut membenarkan kejadian tersebut.

Bahkan, Kompol Tri juga mengungkapkan pihaknya telah mengamankan sang pemilik rumah pasca peristiwa itu. Pria itu yakni bernama Zulkifli (48).

Meski diamankan polisi, pria berusia 48 tahun itu tak ditahan begitu saja. Lantaran, ia diduga merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Alhasil, Zulkifli kemudian dibawa polisi menuju RSJD Atma Husada untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Sudah diserahkan ke RSJD Atma Husada. Jadi masih tunggu hasil pemeriksaan di RSJD untuk menentukan langkah selanjutnya,” ungkapnya.

Dari data yang dihimpun, Zulkifli diduga memang sengaja membakar rumahnya sendiri. Belum diketahui apa yang membuat ia membakar rumahnya itu serta dengan apa pria berusia 48 tahun itu membakar kediamannya.

BACA JUGA :  Kejar Target 30 November 2021, KUA PPAS 2022 Disepakati

Namun, akibat peristiwa itu lantai dua rumah tersebut ludes dilalap api. (vic)

Pewarta : Viqih Jati Kusuma

Editor : Nicha Ratnasari

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img