spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bakal Habiskan Rp 236 Miliar, Pasar Tangga Arung Masuk Program Prioritas

TENGGARONG – Revitalisasi Pasar Tangga Arung Tenggarong menjadi semi modern, bakal segera direalisasikan. Ground breaking direncakan akhir 2022, atau selambat-lambatnya awal 2023. Revitalisasi akan ditopang APBD Kukar sebesar Rp 236 miliar. Menurut Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Pasar Tangga Arung Tenggarong nantinya akan dibangun 4 lantai, dengan tempat parkir di atas gedung dan lantai dasar.

Pasar yang akan dibangun di atas lahan 3,5 hektare (ha) ini, sudah melalui tahap pematangan dan kesiapan lahan. Dimana akan memanfaatkan lahan pasar yang sempat dibongkar pada 2017 silam.

Selain untuk pembangunan Pasar Semi Modern Tangga Arung Tenggarong, lanjut Rendi, anggaran Rp 236 miliar tersebut mencakup relokasi pedagang Pasar Tangga Arung yang ada saat ini. Termasuk membangun pasar sementara, selama proses pembangunan yang diharapkan rampung dalam satu tahun.

“Mudahan satu tahun full bisa selesai pembangunan pasar (Tangga Arung), artinya bangunan jadi. Pedagang bisa pindah dan tempati lagi,” ungkap Rendi belum lama ini.
Awalnya, ungkap Rendi, pembangunan Pasar Semi Modern Tangga Arung Tenggarong akan dibiayai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan rekomendasi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Namun akhirnya diambil alih dengan anggaran daerah, setelah Pemkab Kukar mendapat kucuran Dana Bagi Hasil (DBH) senilai Rp 1,1 triliun.

Disebutkan pula, pembangunan Pasar Semi Modern Tangga Arung Tenggarong, menjadi 1 dari 4 program prioritas yang disusun pada 2023 mendatang. Disamping rencana pembangunan rumah sakit daerah di Kecamatan Muara Badak, Jalan Poros Desa Kahala, serta interkoneksi Muara Badak dan Anggana.

Rendi mengharapkan, saat pelaksanaan nantinya pada 2023, pembangunannya tidak mangkrak di tengah jalan. “Artinya kesiapan pemda dan keuangan, untuk mampu meng-cover kegiatan besar ini,” tutup Rendi. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img