Jumat, Agustus 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

ASN Bontang Peduli Lingkungan Tanam Pohon secara Berkelanjutan

BONTANG – Sebagai program inovatif yang selaras dengan pencapaian Bontang sebagai Kota terinovatif kedua di Indonesia tahun 2021, sampai saat ini Program penanaman pohon bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang terus berjalan secara konsisten .

Dalam acara Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bontang, Walikota Bontang Bapak Basri Rase, S.IP menekankan kepada seluruh masyarakat termasuk ASN di Kota Bontang untuk selalu mendukung program Pemerintah Daerah dalam mewujudkan keindahan dan kelestarian lingkungan serta menjadikan Kota Bontang sebagai Kota Hijau.

Program ini sebagai upaya mengurangi emisi gas rumah kaca akibat pemanasan global, meningkatkan budaya penanaman pohon bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang, dan untuk mewujudkan keindahan dan kelestarian lingkungan hidup yang sejalan dengan program prioritas pencapaian Visi Kota Bontang yaitu Terwujudnya Kota Bontang yang Lebih Hebat dan Beradab, khususnya pada Misi ke 2 yaitu  Kota Bontang yang berkelanjutan, layak huni, cerdas dan berwawasan lingkungan melalui pemantapan ekonomi, sosial budaya dan infrastruktur serta pelestarian lingkungan hidup.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang Drs. Sudi Priyanto, M.Si menyampaikan bahwa saat ini program tersebut konsisten dilaksanakan secara periodik disesuaikan dengan momentum, yaitu :

– CPNS agar menanam pohon pada saat pengangkatan menjadi PNS;

– PNS menaman pohon pada saat mendapatkan tanda kehormatan satyalancana karya satya dan kenaikan pangkat.

Kami juga berbagi tugas dan peran bersama perangkat daerah lainnya. Kami BKPSDM yang melakukan inventarisir dan menginformasikan kepada PNS/CPNS yang akan menaman pohon. Selanjutnya kami bersama Dinas Lingkungan Hidup melakukan pendampingan dalam pelaksanaan penanaman pohon, yang titik lokasi penanamannya ditetapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan.

Lebih lanjut Sudi menyampaikan bahwa penanaman terkini yang dilakukan adalah penanaman pada bulan Mei 2021 yang lalu yang dilaksanakan oleh PNS yang naik pangkat pada periode 01 April 2021. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan PNS dimaksud melaksanakan pohon jenis tanaman keras seperti Pohon Mahoni atau Pohon Tanjung dengan ketinggian minimal 1,5 meter  dan lingkar batang 3 cm.

Program penanaman pohon yang inovatif ini juga masuk dalam daftar Inovasi terbaik di Kota Bontang yang turut mendukung tingginya capaian indeks Inovasi Daerah di Kota Bontang. Dalam Profil Inovatif Government Award (IGA) program ini selanjutnya telah diberi nama  WAJib tAnam poHon demi Lingkungan olEh aSn, penganTin bAru dan peRIjinan (WAJAH LESTARI).

Yang menjadi tugas kita selanjutnya adalah bagaimana caranya agar pohon-pohon yang telah ditanam tersebut dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kota Bontang secara berkelanjutan. Karena  tentunya hal ini dapat dicapai bila didukung dengan pelaksanaan fungsi pengawasan dan pemeliharaan pada pohon-pohon yang telah ditanam tersebut. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PPKM Level 4 Diperpanjang, Pelayanan Disdukcapil Samarinda Sepenuhnya Online

0
SAMARINDA - Kota Samarinda termasuk dalam 8 daerah di Kalimantan Timur yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Konsekuensi dari hal ini...

Gubernur Isran Harap Insentif Nakes Dapat Ditanggung Pemerintah Pusat

0
BALIKPAPAN – Permasalahan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang sudah tidak ditanggung lagi oleh pemerintah pusat, menjadi salah satu poin penyampaian Gubernur kaltim, Isran...