spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Arahan Presiden: PPU jadi Percontohan Daerah Penyangga IKN yang Baik

PPU – Penajam Paser Utara (PPU) siap untuk melaksanakan arahan Presiden Jokowi untuk menjadikan PPU sebagai daerah percontohan penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baik. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penjabat (Pj) kepala daerah seluruh Indonesia, Senin 30 Oktober 2023 kemarin.

Pj Bupati PPU Makmur Marbun hadir langsung dalam kesempatan ini. Ia menuturkan Presiden Jokowi telah memberikan sejumlah arahan. Poinnya, Presiden Jokowi mendorong pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar.

“Presiden yang pertama memberikan arahan untuk pantau harga riil di pasar, turun ke lapangan. Jika ada masalah, lakukan intervensi seperti tadi saya sampaikan, subsidi angkutan bisa dilakukan,” katanya.

Selain itu, mendorong daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan ekonomi.

Arahan khusus juga diterima Makmur untuk mempersiapkan beberapa hal di PPU. Yakni mempersiapkan pengembangan lebih lanjut daerah tersebut sebagai bagian dari persiapan menuju IKN.

“Presiden RI dengan tegas mengingatkan bahwa Penajam Paser Utara memiliki peran penting dalam transformasi besar-besaran ini. Daerah ini akan menjadi salah satu pusat utama dalam penyelenggaraan Ibu Kota Nusantara yang akan datang,” jelas Makmur.

Jokowi juga menekankan pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur, kesiapan layanan publik. Serta upaya-upaya untuk memastikan kenyamanan dan kualitas hidup masyarakat yang ada di PPU.

Kemudian, Pemkab PPU juga diminta untuk memantau langsung perkembangan infrastruktur IKN. “Presiden RI berharap bahwa dengan upaya bersama, Penajam Paser Utara akan mampu menjadi contoh nyata kemajuan dan kesuksesan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” pungkasnya.(ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img