spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Apartemen Pertamina Balikpapan Terbakar, Penghuni Berhamburan Keluar Bangunan

BALIKPAPAN – Kebakaran melanda Apartemen Pertamina di Kota Balikpapan, pada Rabu sore, menjelang Magrib (19/7/2023). Insiden ini terjadi sekitar pukul 18.15 Wita di apartemen yang teletak di Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat.

Dari pengamatan media ini, api terlihat membesar dari lantai 17. Ruangan yang terbakar diapit oleh kepulan asap hitam yang menjulang tinggi ke udara.

Ketika kebakaran terjadi, sebagian penghuni apartemen terlihat panik dan berusaha menyelamatkan diri dengan berhamburan keluar, menuju tepi jalan raya.

“Ada asap, alarm terus berbunyi, jadi saya langsung turun,” ujar salah satu penghuni yang berhasil keluar dengan rasa cemas.

Tim pemadam kebakaran merespons dengan cepat setelah menerima laporan kejadian. Beberapa truk pemadam kebakaran tiba di lokasi dalam waktu singkat setelah insiden dilaporkan.

Petugas pemadam kebakaran berupaya mencapai titik api yang sulit dijangkau dengan menggunakan tangga dari truk. Komandan Regu BPBD UPT Balikpapan Barat, Bambang Prasetyo, mengungkapkan bahwa tiga unit armada pemadam kebakaran dikerahkan dalam penanganan ini.

Setelah berbagai upaya yang intensif, api berhasil dikuasai sekitar pukul 18.30 Wita. Kepulan asap yang sebelumnya pekat mulai memutih, menandakan bahwa api telah berhasil dipadamkan.

Septim Pamalla, Building Manager Amarilis PT Patra Jasa selaku Pengelola Apartemen, mengungkapkan bahwa sumber percikan api berasal dari water heater di balkon luar bangunan hunian. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 18.10 Wita.
Petugas yang mendengar suara alarm bergegas menuju lantai 17 dan melakukan penanganan dengan menggunakan APAR.

Pemadaman api berhasil dilakukan dalam waktu 10 menit. Selain menggunakan hydrant yang tersedia di bangunan apartemen, tim pemadam kebakaran juga dibantu oleh mobil pemadam milik Pertamina dan mobil pemadam dari BPBD Kota Balikpapan.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Saat ini, penghuni apartemen telah kembali ke unit masing-masing dan dipastikan dalam kondisi aman,” pungkasnya. (MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img