spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Cuaca Buruk, KPU Minta TPS Dibangun Kokoh

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, menilai kerawanan yang harus diantisipasi saat Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 adalah cuaca. Pasalnya, Kota Balikpapan saat ini telah memasuki musim hujan.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, setiap organisasi seperti Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Balikpapan dan lainnya mempunyai pandangan segi kerawanan yang berbeda-beda.

“Kalau KPU itu sepanjang cuaca bagus, tidak hujan badai, InsyaAllah partisipasi tinggi. Tapi kalau sudah seharian hujan, badai, petir, angin kencang itu agak kurang partisipasinya,” ujarnya, Jumat (5/1/2024).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, KPU Kota Balikpapan meminta supaya membuat TPS yang kokoh, sehingga saat ditiup angin tidak roboh.

“Kalau ada gedung yang bisa dimanfaatkan, ya dimanfaatkan. Karena ini bukan gawe partai politik tapi gawe KPU. Jadi penggunaan gedung fasilitas pemerintah diperbolehkan, sepanjang dapat izin dari yang berwenang,” jelasnya.

Di samping itu, pembuatan TPS juga harus yang mendekati pemilih. Maka sebisa mungkin lokasi TPS berada di dekat lingkungan RT atau warga agar diketahui letaknya oleh warga juga. “RT kita ini sekitar 1.700, TPS 2.047 artinya banyak TPS daripada RT-nya. Ada satu RT dua TPS. Kalau bisa ya di lingkungan warga saja TPS nya,” tambah Thoha.

Oleh karena itu, Ketua RT dapat membangun kesadaran warga untuk menggunakan hak pilih itu penting. “Betapapun dekat TPS-nya kalau sudah ogah-ogahan, ya lain ceritanya. Itu nggak ada obatnya,” tegasnya.

Pemilih dapat menggunakan hak pilih di TPS dari pukul 07.00 hingha 13.00 Wita sesuai dengan aturan yang ada pada undang-undang. “Tidak boleh lewat dan tidak boleh kurang. Harus pukul 13.00 Wita tutupnya. Itu bunyi undang-undang. Kalau bunyi undang-undang dilanggar, maka melanggar undang-undang,” tutupnya.

Penulis: Aprianto

Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img