spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Aksi Perubahan ‘Tegas’ Satpol-PP PPU Resmi Diluncurkan, Target Berjalan 2024

PPU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Penajam Paser Utara (PPU) resmi memiliki terobosan baru dalam peningkatan kualitas pelayanan dan penertiban. Inovasi ini tengah dipersiapkan dengan target pelaksanaan pada tahun 2024 mendatang.

Satpol-PP PPU turut menjadi peserta Aksi Perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I 2023. Dalam hal ini, perwakilan dari Satpol-PP PPU diwakili oleh Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Abdul Gapur.

“Saya menjadi peserta PKA Angkatan I 2023 di Puslatbang LAN Samarinda. Pelatihan dimulai sejak bulan Maret lalu, dan saat ini saya mewakili Satpol-PP PPU dalam membuat inovasi program,” jelas Gapur.

Peluncuran dilakukan langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) PPU Tohar dalam acara Launching Aksi Perubahan PKA Angkatan I 2023, pada hari Rabu (17/5/2023). Terdapat 9 inovasi yang akan diproses untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Latar belakang adanya inovasi ini bermula dari identifikasi kekurangan di Satpol-PP, salah satunya adalah keterbatasan dalam kegiatan penertiban umum. Misalnya, hanya sebatas pemberian surat peringatan tanpa tindak lanjut,” jelasnya.

BACA JUGA :  Mudyat Kembalikan Formulir Ke Partai NasDem, Harap Dapat Rekomendasi Sebagai Kader

Kesembilan pembaharuan tersebut merupakan gagasan dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi peserta PKA. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Pusat Latihan dan Pengembangan Kepemimpinan Aparatur Negara (Puslatbang LAN) Samarinda.

“Oleh karena itu, perlu diciptakan tim penindakan yustisi yang dapat melakukan proses peradilan di tempat. Hal ini juga dapat memberikan efek jera kepada para pelanggar,” ungkap Gapur.

Setelah peluncuran ini, pihaknya akan segera melakukan persiapan pelaksanaan program inovasi, termasuk sosialisasi dan pembentukan tim yang melibatkan stakeholder terkait, seperti Kejaksaan dan Pengadilan Negeri.

“Program ini juga akan berkolaborasi dengan Kejaksaan dan Pengadilan dalam mengambil tindakan yang cepat,” lanjutnya.

Gapur berharap program ini mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik di pemerintahan maupun masyarakat umum. Hal ini sangat dibutuhkan oleh Satpol-PP, terutama dalam mengawasi dan menjaga ketentraman serta ketertiban masyarakat. “Program kegiatan ini dilakukan mulai dari tahun ini. Semoga bisa dilaksanakan tahun depan. Mudah-mudahan ini bisa segera terlaksana. Semoga bisa dibentuk secara cepat dan maksimal,” pungkasnya. (ADV/SBK)

BACA JUGA :  Kelompok KKN PPU 04 Unmul Wujudkan Desa Bukit Subur Jadi Desa Agrowisata 
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img