spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Akses Pendekat PPU-IKN Dibangun Tahun Ini, Pusat Gelontorkan Rp 44 Miliar

PPU – Akses dari Kelurahan Riko menuju Kelurahan Maridan Penajam Paser Utara (PPU) bakal ditingkatkan tahun ini. Jalan yang menjadi pendekat PPU ke Ibu Kota Nusantara (IKN) itu menerima anggaran dari pusat sekira Rp 44,68 miliar.

Sekira 6,5 kilometer Jalan Maridan-Riko (Mariko) itu diperkirakan bakal mulai dibangun pada akhir Juli ini. Asisten II Pemkab PPU Nicko Herlambang mengatakan proyek ini termasuk dalam usulan yang telah disampaike Pemkab PPU beberapa waktu lalu.

“Jadi usulan kita terkait perbaikan jalan daerah yang dibiayai APBN itu kita ada di Riko Maridan salah satunya,” ungkapnya, Senin (24/7/2023).

Adapun pertimbangan pusat mengakomodir usulan ini, jelasnya, karena menjadi proyek strategis IKN. Menjadi pilihan alternatif dari dan menuju ke kawasan IKN dan ibu kota PPU, Penajam. “Itu diakomodir karena sebagai jalan alternatif,” katanya.

Selain itu, ada paket kegiatan pengawasan teknik jalan Riko-Maridan sebesar Rp 1,32 miliar. Kedua proyek ini diakomodir APBN 2023 melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pembiayaan proyek merupakan arahan dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Sekadar informasi, keseluruhan panjang Jalan Mariko ialah 8,6 kilometer. Dengan kontruksi jalan aspal, namun tak sedikit titik sudah mengalami kerusakan berluang, bahkan hanya agregat.

Nantinya jalan ini tidak hanya ditingkatkan, namun juga dilakukan juga ialah pelebaran badan jalan. Kontruksi yang akan dibangun di sepanjang jalan tersebut ialah struktur perkerasan kaku atau rigid pavement (beton).

“Proses pengerjaan akan dilakukan dalam waktu dekat, dan ditarget rampung tahun ini juga. Itu usulan tahun ini dan dikerjakan tahun ini,” tutup Nicko. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img