spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ajarkan Literasi Keuangan, Mahasiswa KKN-T IPB Bentuk Kelompok Koperasi Maritim Maju Lestari Loktuan

Mahasiswa IPB University melaksanakan program Kerja Kuliah Nyata Tematik (KKN-T) yang bermitra dengan PT Aruna Indonesia di Selambai, Loktuan. Terdapat 5 program kerja utama yang dikerjakan oleh mahasiswa IPB selama pelaksanaan KKN-T dengan target kegiatan nelayan, daily worker, dan masyarakat sekitar Gudang Aruna Miniplant Loktuan. Salah satu program kerja yang dilaksanakan adalah Literasi Keuangan dengan output Pembentukan Koperasi Nelayan, yaitu Kelompok Koperasi Mandiri Maritim Maju Lestari Loktuan Bontang pada 22 Juli 2021 lalu.

Literasi keuangan merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan  dan pemahaman bagi keluarga nelayan terkait konsep dasar finansial. Selain itu, keluarga nelayan juga diharapkan dapat menjalankan kelompok koperasi mandiri untuk menunjang kestabilan ekonomi melalui jasa simpan pinjam dan kios koperasi.

Rangkaian kegiatan program literasi keuangan diawali dengan pelaksanaan sosialisasi  dihadiri  para nelayan dan daily worker Aruna miniplant Loktuan. Selanjutnya, dilakukan pendataan dan pembinaan bagi anggota yang tertarik bergabung dalam kelompok koperasi mandiri.

Pembentukan kelompok koperasi dilaksanakan secara musyawarah hingga terpilih pendamping kelompok mandiri (PKM) dan ketua kelompok. Kelompok koperasi nelayan yang terbentuk diharapkan dapat menjadi contoh penggerak ekonomi masyarakat pesisir yang dapat meningkatkan pendapatan dan kemandirian kelompok nelayan sekitar.

“Literasi keuangan khususnya koperasi sangat baik dan menambah pengetahuan terkait pengelolaan pendapatan. Jenis usaha yang disediakan juga dapat menunjang pekerjaan nelayan khususnya dengan pengadaan kios koperasi. Harapannya, kelompok koperasi dapat berjalan dengan baik dan lebih banyak anggota yang bergabung bersama koperasi maritim maju lestari,” kata Upe Emil, nelayan Aruna. (red2)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img