spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Haru dan Bangga di Wisuda STAI Balikpapan

BALIKPAPAN –  Wisuda angkatan ke 23 tahun 2023 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan digelar di Ballroom Hotel Grand Tiga Mustika Balikpapan, Sabtu, 25 Februari 2023.

Suasana haru menyelimuti prosesi wisuda, ketika empat wisudawan terbaik, dijemput orang tuanya dari bangku tempat duduknya dan dibawa ke depan. Keempat wisudawan perempuan itu berhasil meraih IPK tertinggi dengan predikat Magna Cumlaude. Yaitu Putri Nur Jannah, Sarida Lioni, Nur Mahmudah dan Sri Hartati.

Diiringi dengan alunan lagu “ibu” ditambah dengan pembacaan narasi membuat suasana semakin haru. “Bagaimana orang tua membiayai anaknya hingga menyelesaikan kuliahnya, susah payah dilakukan demi bisa membayar biaya anak kuliah,” demikian antara lain bunyi narasi yang dibawakan pembawa acara.

Pelaksanaan wisuda Sarjana Strata Satu (S1) angkatan ke 23 tahun 2023 diikuti 75 sarjana yang baru menyelesaikan studinya di STAI Balikpapan. Hadir Arzaedi Rachman, Staf Ahli Wali Kota Balikpapan Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ketua MUI Balikpapan Habib Mahdar Abu Bakar Al Qadr, Wakil Ketua Kopertais IX Banjarbaru Drs.H. Humaidy, M.Ag,  Pembina Yayasan  Ibnu Khaldun Balikpapan, Munanto, dan Ketua Yayasan Perguruan Ibnu Khaldun Balikpapan Yuyun Wahyuni. Sedangkan orasi ilmiah disampaikan DR. M. Thohir, S.Ag, MM dosen UINSI Samarinda.

BACA JUGA :  Akhirnya Warga Non-KTP Balikpapan Bisa Divaksin, Hari Ini 2.000 Vaksin Sinovac Disuntikan di Dome  

Ketua STAI Balikpapan, Arif Rohman Arofah, S.Sos, MA.Hum dalam sambutan mengutarakan bahwa STAI Balikpapan memantapkan diri untuk menjadi perguruan tinggi yang lebih baik ditunjukkan melalui berbagai agenda yang telah dicanangkan dan segera dilaksanakan.

“Yang pertama adalah kampus by riset, kedua digitalisasi kampus, ketiga dakwah center, ini ke depan akan menjadi pusat referensi studi keislaman, dan wadah mencetak calon-calon mubaligh dan Da’i. Keempat e-jurnal, semua karya dosen dan mahasiswa akan dimasukkan ke e-jurnal yang memiliki ISSN,” ungkap Arif Rohman Arofah.

Sementara itu Ketua Yayasan Perguruan Ibnu Khaldun Balikpapan Yuyun Wahyuni, S.Ag menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di STIA Balikpapan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan ananda untuk menempuh jenjang pendidikan lanjutan di STAI Balikpapan,” ucap Yuyun Wahyuni.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan yang diwakili Arzaedi Rachman menyampaikan agar warga Balikpapan harus siap menghadapi tantangan ke depan. Terutama yang baru lulus kuliah, karena persaingan akan semakin ketat dalam merebut pangsa kerja.

BACA JUGA :  Sopir Vendor Bank Bobol Uang ATM, Gelapkan Rp 286,95 Juta untuk Modifikasi Kendaraan

Apalagi Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan akan menjadi penyangga ibukota negara. “Banyak peluang pekerjaan di sana, tinggal kita saja mau ikut ambil bagian atau hanya sebagai penonton,” ucap Arzaedi.

Arzaedi menambahkan sejak dia dilantik menjadi Staf Ahli Walikota Balikpapan Bidang Ekonomi Pembangunan dirinya terus menggenjot program pencapaian.

“Saya perlu tenaga-tenaga muda untuk membantu mewujudkan program-program kerja. Tolong saya minta 8 orang lulusan ekonomi syariah untuk menghadap saya, agar bisa kami pertimbangkan untuk membantu pelaksanaan pembangunan bidang ekonomi di Balikpapan,” jelasnya.

Program yang segera akan kita genjot adalah sertifikasi halal bagi produk UMKM di Balikpapan. Karena untuk tahun 2024 semua produk yang beredar di Indonesia harus memiliki sertifikasi halal.

“Sudah saya usulkan agar Balikpapan punya laboratorium sendiri untuk bisa meneliti kandungan produk makanan halal, sehingga UMKM bisa mengurusnya secara gratis,” jelas Arzaedi.

Wisuda angkatan ke 23 STAI Balikpapan diikuti sebanyak 75 sarjana antara lain dari program studi Pendidikan Agama Islam sebanyak 60 sarjana, program studi Ekonomi Syariah sebanyak 8 orang, program studi Hukum Pidana Islam sebanyak 5 orang dan Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebanyak 2 orang.

BACA JUGA :  Sisa Tiga Hari, Belum Jelas Kapan Rahmad Mas’ud Dilantik sebagai Wali Kota Balikpapan

Sementara itu, Wakil Ketua Kopertais IX Banjarbaru Drs.H. Humaidy, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa STAI Balikpapan sebagai kampus yang mencetak sarjana telah menunjukkan keberadaannya dalam membangun sumber daya manusia.

Dalam Pelaksanaan Wisuda angkatan ke 23 tahun 2023 juga ditandangani MoU antara STIA Balikpapan dengan MUI Balikpapan dalam bidang Dakwah, serta dilantik kepengurusan ikatan alumni STAI Balikpapan periode 2023-2028. (mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.