spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fitria Paputungan, Berawal dari Hobi Jualan, Kini Miliki Brand Skincare Ternama

TENGGARONG – Berawal dari sekadar mengisi waktu luang, Fitria Paputungan, tidak menyangka kini menjadi owner brand kosmetik ternama. Dermastell namanya. Produk lokal asli orang Tenggarong, yang kini sudah hadir di seluruh provinsi di Indonesia.

Fitria, lulusan D3 kebidanan ini, kini terbilang sukses dengan brand kosmetik miliknya. Ia bercerita, sempat kebingungan apa yang dilakukannya di rumah, pasca mengambil keputusan untuk resign sebagai seorang bidan di salah satu rumah sakit.

Ia pun memutuskan untuk berjualan. Mulai dari jualan baju, case handphone kekinian, dan jualan pulsa. Namun selalu berakhir gagal. Hingga akhirnya mencoba meracik sendiri hand and body lotion, itupun untuk dipakai sendiri. “Motivasi pribadinya, karena suami lebih putih, biar ikut putih juga,” ujar wanita empat anak ini.

Tapi karena punya basic seorang tenaga kesehatan, tentu punya pertimbangan ketika ingin mengolah kosmetik. Harus aman tentunya. Ia pun mengambil kesempatan untuk sekolah singkat di Surabaya. Kursus tenaga kesehatan di bidang kosmetik. “Karena untuk badan tidak boleh sembarangan,” lanjutnya lagi.

BACA JUGA :  Perbaikan Lampu Tematik Jembatan Kartanegara Perlu Teknisi Khusus

Berbekal ilmu itulah, Fitria mulai meracik skincare olahannya sendiri. Tentu dengan resep dapur rahasia andalannya, untuk dipakai secara pribadi. Melihat hasil yang memuaskan dari skincare buatannya itu, mulai menarik minat kawan-kawannya. Tepatnya pada 2017 lalu, ia menjual skincare-nya, meski dengan harga “pertemanan”.

Melihat peluang yang menghasilkan cuan yang cukup menjanjikan, perempuan kelahiran Bolaang Mongondow inipun akhirnya memberanikan untuk memproduksi secara besar-besaran.

Langkah pertama, dengan mengurus izin BPOM-nya (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Beserta izin Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan sertifikasi halalnya. Untuk pabriknya, ia bekerjasama di Jakarta dan Jawa Timur (Jatim), satu pabrik bersama brand ternama lainnya.

“Iseng hanya untuk dipakai sendiri, dan untuk isi kegiatan, tapi malah banyak yang suka, dari hobi jualan ternyata berhasil di bidang kosmetik,” beber wanita usia 32 tahun ini.

Kini, skincare brand Dermastell miliknya, pun sudah menasional. Sudah memiliki 170 lebih reseller yang tersebar di Indonesia. Bahkan ia bersama sang suami berencana membuka beauty house di Tenggarong. “Juga harus sekolah dan izin segala macam, tapi dalam tahun ini akan membuka itu,” tutupnya. (afi)

BACA JUGA :  Antisipasi Ancaman Karhutla, Kukar Ikuti Apel Siaga Serentak se-Kaltim
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.