spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pangdam VI Mulawarman Berganti, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso Gantikan Mayjen TNI Heri Wiranto

BALIKPAPAN –  Kodam VI Mulawarman berganti pucuk pimpinan. Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang sebelumnya menjabat sebagai Danpuspenerbad menggantikan Mayjen TNI Heri Wiranto, M.M., M.Tr. (Han).  Serah terima jabatan Pangdam VI/Mlw telah berlangsung secara resmi di Mabesad, Jumat (5/11/2021) lalu. Sedangkan rangkaian tradisi lepas sambut Pangdam VI/Mlw berlangsung di Balikpapan, Senin (8/11) hingga Selasa (9/11).

Diawali penyambutan dan tepung tawar di Bandara SAMS Balikpapan. Dilanjutkan penyerahan risalah serah terima jabatan Pangdam VI/Mlw yang di Ruang Yudha Makodam pada Senin (8/11/2021). Puncak kegiatan lepas sambut dilaksanakam, Selasa (9/11/2021).

Tepat pukul 08.00 Wita, Pangdam VI/Mlw masuk Ksatrian Makodam yang disambut dengan hormat jajar dan tradisi pedang pora. Acara dilanjutkan dengan apel kehormatan di lapangan Makodam dan penanaman pohon sawo kecik oleh Mayjen TNI Heri Wiranto dan istri, Endang Heri Wiranto.

Lepas sambut ini dihadiri Gubernur Kalimantan Utara, Wakil Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim, Ketua DPRD Kaltim, Kajati Kaltim, Kepala Pengadilan Tinggi Kaltim, Wakapolda Kaltara, para pejabat Utama Kodam VI/Mlw, para Danrem, Dandim, Dansat BS, Danyonif dan Persit KCK Daerah VI/Mlw, yang dilaksanakan di Aula Makodam VI/Mlw.

BACA JUGA :  Kodam VI Mulawarman Beri Penghargaan Kepada 6 Prajuritnya

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Heri Wiranto menyampaikan bahwa dinamika tugas di Kodam VI/Mlw cukup padat.

“Tanggung jawab wilayah Kodam VI/Mlw cukup luas, membentang dari Kaltara, Kaltim dan Kalsel serta sepanjang 1.038 km wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia. Tidaklah mudah menjaga kedaulatan negara dengan wilayah seluas ini tanpa adanya dukungan semua pihak. Ini sangat luar biasa dan saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, Polri dan seluruh komponen masyarakat yang telah bekerjasama dalam menjaga wilayah NKRI,” beber Mayjen TNI Heri Wiranto.

Sementara itu, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang merupakan Alumni Akabri 1991 membeberkan prestasi yang telah dibuat oleh Mayjen Heri Wiranto, M.M., M.Tr. (Han) saat menjabat Pangdam VI/Mlw.

Di antaranya adalah suksesnya pelaksanaan Latma Garuda Shield 15/2021 di Kodam VI/Mlw, yang membuktikan bahwa satuan ini cukup baik. Ditambahkan oleh Pangdam, kegiatan-kegiatan lain juga sudah berjalan dengan baik seperti penanganan pandemi Covid-19 yang meliputi serbuan vaksinasi, pengamanan perbasatasan dan prestasi sebagai juara I pada lomba Binter tingkat Kodim, serta lomba Karlister yang merupakan prestasi luar biasa bagi Kodam VI/Mlw.

BACA JUGA :  Antisipasi Tindak Pidana Korupsi, Bappeda Kutim Kolaborasi bersama KPK RI

Keberhasilan ini tidak bisa diraih tanpa ada kerja sama, baik dengan pemerintah daerah, Polri dan seluruh komponen masyarakat. Pelaksanaan lepas sambut Pangdam VI/Mlw berlangsung dengan khidmad dan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

WAGUB APRESIASI

Wagub Hadi Mulyadi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Mayjen TNI Heri Wiranto atas pengabdian dan kerjasama yang terjalin baik selama ini. Karena dengan kekuatan dan kinerja yang tangguh telah membuktikan mampu menjaga seluruh wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara hingga tetap aman dan kondusif.

“Kerja sama yang telah dilakukan selama ini kiranya bisa terus ditingkatkan, bukan saja dalam menjaga keamanan, tetapi juga dalam membantu pembangunan pemerintah daerah dengan berbagai program lainnya,” kata Hadi Mulyadi, Wakil Gubernur Kaltim saat menghadiri Pisah Sambut Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawaman dari Mayjen TNI Heri Wiranto kepada Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, di Aula Markas Komando Daerah Militer VI Mulawarman Balikpapan, Selasa (9/11/2021).

Hadi menambahkan Kalimantan Timur juga akan menjadi ibu kota negara (IKN) baru Republik Indonesia yang hingga kini terus dipersiapkan dan direalisasikan pembangunannya.

BACA JUGA :  Sopir Mengantuk, Bus Meranti Etam Terobos Pembatas Tol Balsam

“Karena itu, tantangan menjaga keamanan dan kedaulatan negara di Kaltim, tidaklah mudah. Pemerintah Provinsi Kaltim mengapresiasi tinggi Kodam VI/Mulawarman yang selama ini turut mendukung pembangunan dan menjaga penanganan konflik masyarakat,” ujarnya. (rls/red)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img