spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD Kutai Barat Sepakati Pembentukan Tiga Fraksi dari 10 Partai Politik

KUTAI BARAT — Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat, Ridwai, mengumumkan bahwa seluruh pimpinan partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kutai Barat telah menyepakati pembentukan tiga fraksi utama.

Kesepakatan ini merupakan hasil musyawarah dari 10 partai politik yang berhasil meraih kursi di dewan untuk periode lima tahun mendatang.

“Kami telah membentuk fraksi partai gabungan dari sejumlah parpol pada periode lima tahun ke depan. Fraksi-fraksi sudah kami bentuk sejak Minggu lalu dan disepakati tiga fraksi saja, yakni PDI-Perjuangan, Golkar, dan Gerindra,” ujar Ridwai dalam wawancara pada Senin (2/9/2024).

Setelah pembentukan fraksi, Ridwai menjelaskan langkah selanjutnya bagi anggota dewan adalah penyusunan tata tertib DPRD. Proses ini akan diikuti dengan pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang mencakup posisi penting seperti Ketua dan Wakil Ketua DPRD, pimpinan komisi, Badan Anggaran, Badan Perencanaan Perda, Badan Kehormatan, dan Badan Musyawarah.

Ridwai juga menegaskan bahwa jika partai-partai peraih suara terbanyak sudah memperoleh rekomendasi dari pimpinan pusat partainya, nama-nama calon pimpinan DPRD akan segera disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Timur.

BACA JUGA :  Pelatikan Ketua KNPI Mahulu Digelar 4 November Mendatang

“Jika rekomendasi sudah diterima, kami akan langsung menyampaikan nama-nama tersebut ke Gubernur Kaltim untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK) pelantikan unsur pimpinan DPRD Kutai Barat,” tambahnya.

Pembentukan tiga fraksi ini menjadi langkah awal yang penting bagi DPRD Kutai Barat dalam menjalankan tugas legislatif selama lima tahun ke depan. Dengan adanya fraksi-fraksi ini, diharapkan sinergi antarpartai dapat semakin kuat dalam mengawal berbagai program pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat Kutai Barat.

Berikut rincian parta-partai yang tergabung dalam tiga Fraksi DPRD Kubar:

Fraksi PDI Perjuangan terdiri dari:

  • PDI Perjuangan: 6 kursi
  • NasDem: 2 kursi
  • PKB: 1 kursi

Fraksi Golkar:

  • Golkar: 5 kursi
  • PAN: 2 kursi
  • Hanura: 2 kursi
  • Perindo: 1 kursi

Fraksi Gerindra :

  • Gerindra: 3 kursi
  • Demokrat: 2 kursi
  •  PKS: 1 kursi

 

Pewarta: Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.