spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bandara Kalimarau Buka Rute Penerbangan Baru Berau-Yogyakarta

TANJUNG REDEB – Penerbangan perdana pesawat Batik Air dengan rute Berau-Yogyakarta berlangsung di Bandar Udara (Bandara) Kalimarau, Kecamatan Teluk Bayur, Kamis (29/8/2024).

Penerbangan perdana rute baru ini disaksikan oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih. Menurutnya, adanya penerbangan rute baru tersebut tentu akan meningkatkan efektivitas akses transportasi yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, pendidikan, pariwisata, dan sektor lainnya di Kabupaten Berau.

Seiring dengan penetapan Kabupaten Berau sebagai mitra Ibu Kota Nusantara (IKN), tentu diperlukan akses yang mudah. Hal ini diwujudkan dengan pemenuhan transportasi jalur udara yang memadai.

“Ini merupakan harapan baru untuk meningkatkan konektivitas dan transportasi orang serta barang dari dan menuju Berau,” ungkapnya.

Hadirnya rute baru Berau-Yogyakarta-Berau, menurutnya sangat tepat, mengingat banyaknya anak-anak Berau yang menempuh pendidikan di Yogyakarta, yang merupakan kota pelajar.

“Hal ini menjadi kabar baik untuk masyarakat Berau yang berada di Yogyakarta, khususnya para mahasiswa yang berkuliah di kota pelajar tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati Sri berharap, kemitraan antara pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan, pihak maskapai, dan pihak terkait lainnya akan semakin sinergis ke depannya. Tentunya, diharapkan akan lebih banyak rute penerbangan yang dibuka.

BACA JUGA :  Bupati Sri Juniarsih Promosikan Surga Wisata Bahari di Jakarta

“Baik dari dan ke Bandara Kalimarau, demi kenyamanan, kepuasan, serta kesejahteraan masyarakat kita,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin, menambahkan bahwa dirinya bersyukur atas pembukaan penerbangan ini. Ia berharap penerbangan yang kini dibuka dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat.

“Saya berharap masyarakat Berau dapat memanfaatkan rute-rute penerbangan yang ada untuk kemudahan akses kepergian,” katanya.

Adapun, untuk trafik penumpang per Kamis (29/8/2024), penerbangan dari Yogyakarta menuju Berau tercatat sebanyak 59 orang. Sedangkan dari Berau menuju Yogyakarta sebanyak 71 orang.

Ferdinan juga menjelaskan bahwa rute penerbangan langsung dari Berau sudah terbuka untuk Jakarta, Surabaya, dan terbaru Yogyakarta.

Sebagai salah satu bandara di utara Provinsi Kalimantan Timur, ini tentu tidak hanya membantu warga Berau secara khusus, tetapi juga warga dan masyarakat di kabupaten yang berdekatan dengan Berau.

“Semoga penerbangan di Berau tidak hanya mencakup wilayah Berau saja, tetapi juga wilayah di sekitar Kabupaten Berau turut merasakan manfaat dari rute penerbangan baru ini,” tandasnya.

BACA JUGA :  Kunjungi KONI Kaltim, Jajaran Komisi III DPRD Berau Minta Atasi Polemik Hasil Musorkab

Pewarta: Aril
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img