spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringatan HUT Ke-79 RI, Bupati Mahulu Ajak Masyarakat Gali Potensi untuk Membangun Daerah

MAHAKAM ULU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati ‎Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Upacara dilaksanakan di lapangan Tribun Ujoh Bilang, dipimpin langsung oleh Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh dan juga selaku Inspektur Upacara, pada Sabtu (17/8/2024) pagi tadi.

Paskibraka dengan langkah yang tegap dan bermakna memasuki lapangan upacara untuk mengibarkan bendera merah putih penuh tanggung jawab dan kewibawaan. Yang merupakan bentuk penghormatan mendalam terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Adapun yang bertindak selaku komandan upacara yakni, Iptu Budi Santoso,Kasat Lantas Polres Mahulu dan perwira upacara oleh Danramil Long Bagun Kapten Inf Rahman Sahanung. Sedangkan untuk pembawa baki bendera diamanahkan kepada Mori Mayang, yang merupakan siswa asal sekolah SMK Cahaya Mulai Rukun Damai.

Kemudian, untuk pembentangan bendera yakni Mel Gibson, asal sekolah SMA Negeri 1 Long Bagun dan penggerek bendera adalah Roxy Okta Christian, asal sekolah SMA Negeri 1 Long Bagun, Danton Renaldi Hurtardo asal sekolah SMA Negeri 1 Long Bagun pada pasukan 17 dan Danton Vincentius Ofhan Darex, asal sekolah SMA Negeri 1 Long Apari di posisi pasukan 45.

BACA JUGA :  Kunjungi Mahulu, Kadishub Kubar Koordinasi Pengelolaan Perhubungan Antarkabupaten

Pasukan pengibar bendera lainnya secara keseluruhan mencapai 50 orang yang terdiri dari 26 perempuan dan 24 laki-laki, serta di tambah TNI Angkatan Darat dan Kepolisian Republik Indonesia sebagai pengawal bendera.

Peringatan detik-detik Proklamasi ditandai dengan suara sirine yang dibunyikan selama satu menit, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mahakam Ulu Periode 2024-2029, Devung Paran.

Prosesi pengibaran Sang Merah Putih oleh Paskibraka berjalan lancar dan khidmat tanpa hambatan sedikit pun. Diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Obade paduan suara dari siswa/i SMPN 1 Long Bagun yang juga membawakan beberapa lagu-lagu nasional.

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, dalam sambutanya menyampaikan, hasil rapat koordinasi kepala daerah se Indonesia dengan Presiden pada tanggal 13 Agustus 2024, sekaligus menyongsong event-event nasional yang akan dilaksanakan.

“Presiden berpesan agar kita semua mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, serta melanjutkan semangat juang para pahlawan kita untuk membangun daerah tercinta ini, yang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Bupati

BACA JUGA :  Wabup Yohanes Avun Ajak Masyarakat Gunakan Hak Suara dan Sukseskan Pilkada Mahulu

Ia juga mengatakan, kita semua diberi amanat untuk membangun daerah ini dengan mengerahkan daya upaya dan potensi yang kita miliki, yang wajib kita sumbangkan untuk perkembangan daerah dan kemajuan Negara Republik Indonesia.

Selain itu Bupati juga menyampaikan pesan Presiden terkait demokrasi. Beliau juga berpesan (Presiden) mengingat tahun ini adalah tahun politik, dimana kita akan menyelenggarakan Pilkada, semua berkewajiban untuk menjaga keamanan dan menciptakan situasi yang nyaman, serta memastikan situasi politik yang aman, damai, dan tenteram di tengah-tengah masyarakat.

“Marilah kita jadikan momen ini untuk mengisi kemerdekaan yang telah kita raih dan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang, mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi kemerdekaan dan kemajuan kesejahteraan yang kita rasakan sekarang ini,” harap Bupati saat mengakhiri pesan amanat Presiden RI pada HUT ke 79 RI

Setelah selesai melaksanakan upacara, dilakukan penyerahan penghargaan pencapaian di tahun 2024 oleh beberapa instansi vertikal yang disampaikan kepada kepala daerah Mahulu.

Dan dilanjutkan dengan persembahan tari tarian oleh Datun Julut Cak Kimat Batu Majang, serta atraksi PSHT dan Taekwondo Mahulu.

BACA JUGA :  Keroyokan Bangun Akses Darat Penghubung Mahulu

Selanjutnya Bupati Mahulu dan jajaran, serta seluruh tamu undangan, mengikuti Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 79 dari Istana Negara melalui kanal live streaming.

Turut hadir Wakil Bupati Yohanes Avun, Sekretaris daerah, Stephanus Madang, Kapolres AKBP Anthony Rybok, anggota DPRD Mahulu, Asisten Setdakab Mahulu, Kepala Perangkat Daerah beserta jajaran, unsur TNI-POLRI, Pemerintah Kampung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, pimpinan Pembankan, guru dan pelajar SLTA-SLTP-SD, serta masyarakat di sekitar lapangan upacara yang dengan antusias mengikuti jalannya upacara.

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img