spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Persiapan MTQ Nasional, Peringatan HUT RI Dipindah ke Stadion Utama Palaran

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mengalihkan lokasi upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Pemprov sebelumnya merencanakan akan menggelar Upacara di Lapangan Kadrie Oening Sempaja. Karena Persiapan MTQ Nasional, upacara tahun ini akan digelar di Stadion Utama Palaran, Samarinda.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, M Syirajudin, pada Senin (5/8/2024) menjelaskan bahwa pengalihan lokasi ini bertujuan untuk menghindari gangguan terhadap persiapan MTQ Nasional di lapangan Kadrie Oening Sempaja, lokasi upacara HUT RI tahun-tahun sebelumnya.

“Lapangan Kadrie Oening Sempaja saat ini sedang dipersiapkan untuk menjadi venue ajang MTQ Nasional, jadi upacara kita laksanakan di Stadion Utama Palaran, Samarinda,” jelasnya.

Syirajudin memastikan bahwa upacara HUT RI di Stadion Utama Palaran akan tetap meriah, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat di Kaltim, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, organisasi masyarakat, dan pelajar dari berbagai tingkatan.

“Mereka akan hadir langsung untuk menyaksikan detik-detik Proklamasi, kenaikan dan penurunan bendera merah putih,” tambahnya.

BACA JUGA :  MODENA Space Kedua di Indonesia, Hadir di Matos Samarinda

Selain itu, Syirajuddin mengundang masyarakat umum untuk hadir dan mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI di Stadion Utama Palaran.

Dengan kapasitas yang cukup besar, stadion ini dapat menampung puluhan ribu orang, dan akan ada berbagai hiburan seperti penampilan drumband dan kreasi paduan suara.

Terkait persiapan Paskibraka, Syirajudin mengatakan bahwa para pengibar bendera merah putih telah mengikuti pelatihan secara intensif, dan seluruh perlengkapan upacara juga telah disiapkan dengan baik.

“Semua perlengkapan upacara juga sudah kita siapkan. Paskibraka kita sudah siap. Mereka telah menjalani pelatihan di BPSDM,” ujarnya.

Meskipun persiapan sudah cukup matang, Syirajudin mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan untuk memastikan upacara peringatan HUT ke-79 RI tahun ini dapat berjalan dengan sukses, lancar, dan meriah.

“Harapan kita, upacara tahun ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan persatuan bangsa,” tutup Syirajuddin.

Diketahui, Pemprov Kaltim tahun ini menjadi tuan rumah MTQ Nasional pada 6-16 September 2024. Rencana MTQ Nasional akan digelar pada 6-16 September 2024 mendatang.

BACA JUGA :  Dibuka Dua Hari, Donasi Media Kaltim untuk Sulbar dan Kalsel Terkumpul Rp 8,2 Juta, Aliansi Mahasiswa Galang Dana di Jalan

Penulis: Hanafi
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img