spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

HKG PKK ke-52, Kutim Fokus Dukungan Keluarga Sejahtera dan Indonesia Maju

SANGATTA– Pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) KE-52 tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) di Gedung Wanita, Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Kutim, di Bukit Pelangi, Minggu (30/6/2024) pagi, Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah menyampaikan amanat dari Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian.

Dalam sambutan tertulis itu, Tri Tito Karnavian, menyampaikan harapan besar dan dorongan semangat kepada seluruh kader PKK di seluruh Indonesia. Dengan tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju,” peringatan tahun ini menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara PKK dengan berbagai pemangku kepentingan.

Tri Tito Karnavian menyatakan bahwa HKG PKK tahun ini diharapkan dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK dalam menyukseskan program-program pemerintah. PKK diharapkan menjadi motor penggerak dalam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia.

“Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA :  Angkat Tema Magic Land, Expo HUT Kutim Ke-23 Resmi Dibuka

Visi dan Misi PKK Pilar Pembangunan Keluarga

PKK memiliki visi untuk mewujudkan keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, dan sejahtera lahir dan batin. Tri Tito Karnavian menegaskan pentingnya pengembangan program-program PKK di daerah masing-masing agar senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah. Melalui 10 Program Pokok PKK, tim penggerak PKK dapat menjadi ujung tombak dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergi dengan berbagai stakeholder.

Tiga Fokus Utama PKK

Untuk memperkuat gerakan PKK, ada tiga hal utama yang perlu mendapat perhatian:

  • Memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat memiliki peran besar dalam proses pembangunan dan menjadi tolok ukur kesejahteraan masyarakat.
  • Mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah. Sinergisitas antara PKK dan pemerintah harus mampu mengoptimalkan gerakan PKK dalam percepatan pembangunan.
  • Pencapaian PKK dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024. Rencana Induk ini menjadi dasar dan panduan bagi TP PKK Pusat dan Daerah dalam mengelola program Gerakan PKK agar lebih implementatif dan berhasil guna.
BACA JUGA :  Ini Jawaban ASKB Terkait Demokrat Keluar dari Koalisi

Membangun Sinergi dan Kemitraan

Pengintegrasian program PKK ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah adalah langkah strategis untuk mengoptimalkan gerakan PKK dalam percepatan pembangunan. Ini memberikan peluang kepada PKK untuk memanfaatkan dana dari berbagai sumber, termasuk APBD, dana hibah, dan kemitraan dengan pihak swasta. Dengan sinergi yang kuat antara PKK dan pemerintah, diharapkan program-program yang direncanakan dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan mendukung pembangunan secara keseluruhan.

Capaian PKK dan Tantangan ke Depan

Dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK sampai dengan tahun 2023, beberapa capaian telah diraih, seperti penanganan stunting melalui kolaborasi dengan Badan Pangan Nasional, pembinaan industri rumahan, dan pelaksanaan program-program sosial seperti Keluarga Indonesia Sejahtera dan Harmonis (KISAH) serta Keluarga Indonesia Sehat Tanpa Narkoba (KRISAN).

Tri Tito Karnavian juga mengingatkan bahwa tahun 2024 adalah tahun terakhir pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK 2021-2024. Besar harapannya agar seluruh kader PKK dapat menjawab tantangan dan mewujudkan visi gerakan PKK yaitu “Terwujudnya Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman, dan Bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024”.

BACA JUGA :  Ini Penyampaian RKPD 2025 Pemkab Kutim di Musrenbang Kabupaten

Penghargaan untuk Kader PKK

Sebelum menutup sambutannya, Tri Tito Karnavian mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK di Indonesia atas kontribusi, dedikasi, dan kerja keras dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di tengah masyarakat.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan meridhoi upaya kita bersama dalam mewujudkan keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan sehat sejahtera lahir dan batin,” tutupnya.

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, PKK diharapkan terus bergerak maju, menjalin sinergi dan menjadi ujung tombak dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga di seluruh Indonesia. (Rkt)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.