spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Irwan: Menteri PUPR Basuki Cocok Gantikan Bambang Susantono

SAMARINDA – Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, memberikan penilaiannya terkait posisi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Legisltor daerah pemilihan Kaltim ini menyatakan setuju jika jabatan Kepala OIKN diberikan kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Bahkan menurut Irwan, jika pemberian jabatan definitif Kepala OIKN kepada Menteri PUPR adalah langkah yang tepat, terutama jika masa jabatan Basuki berakhir selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pendapat saya pribadi malah setuju jika Kepala Otorita IKN definitif nanti tetap diberikan ke Pak Basuki pasca tugasnya di Kementerian PUPR berakhir. Tapi itu tentu hak prerogatif Presiden ya. Saya pikir Pak Basuki sangat kompeten di situ dan menjamin IKN bisa terus berlanjut sesuai perencanaan dan harapan kita semua,” ungkapnya.

Saat ini, Kepala Otorita IKN ditugaskan sementara kepada Basuki Hadimuljono, yang juga menjabat sebagai Menteri PUPR. Irwan menilai penugasan Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN merupakan keputusan yang tepat dari pemerintah.

BACA JUGA :  Peserta IFLA 2023 di Belanda Terpikat dengan Udeng Bontang dan Syal Khas Kaltim

“Menurut saya sangat tepat karena secara de facto memang dari sisi anggaran, perencanaan, dan pelaksanaan pembangunan IKN di lapangan sejak awal sebagian besarnya ada di Kementerian PUPR,” tegasnya.

Irwan juga melihat pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN sebagai hal yang biasa. “Namanya mundur diri ya pasti akan diberhentikan dan akan dicari penggantinya,” kata Legislator Dapil Kaltim ini.

Irwan optimis bahwa pembangunan IKN tidak akan stagnan, terutama dalam hal koordinasi dan progres pembangunan ke depan.

Termasuk dalam persiapan dan pelaksanaan upacara kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN. “Kita berharap pengunduran diri ini tidak mengganggu seluruh rangkaian program yang telah dibuat oleh pemerintah terkait pembangunan IKN,” ujarnya.

Terakhir, Irwan mengucapkan terima kasih kepada Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN yang sebelumnya menjabat.

“Sebagai masyarakat Kaltim, kami berterima kasih atas pengabdian yang luar biasa dari Pak Bambang dan Pak Dony selaku kepala dan wakil otorita IKN sehingga progres pembangunan IKN dapat terus berlanjut,” pungkas Irwan.

BACA JUGA :  Tinggal Kukar dan Balikpapan yang Masuk Level IV

Pewarta : Andi Desky
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.