spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kondisi Kebun Raya Unmul Kian Memprihatinkan, Saatnya Butuh Perhatian Pemkot Samarinda

SAMARINDA – Kebun Raya Universitas Mulawarman (Unmul) yang berada di Jalan Gunung Kelula, Samarinda ini menjadi destinasi ngabuburit bagi masyarakat Samarinda karena menyuguhkan wisata alam, dan memiliki koleksi flora dan fauna yang menarik.

Sayang, destinasi ini sekarang memiliki kondisi yang cukup memprihatinkan. Kawasan yang dulunya dijadikan wadah untuk ngabuburit dan wisata kuliner, kini sudah terbengkalai.

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda Samri Shaputra meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk lebih perhatikan sektor wisata yang ada di Kota Samarinda.

Menurut Samri, sektor wisata merupakan salah satu untuk upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samarinda.

“Kebun Raya Unmul yang kini terbengkalai, biasanya di sana dijadikan tempat untuk ngabuburit warga saat di bulan Ramadan,” ujar Samri, Rabu (13/3/2024).

Lebih lanjut, Sumber Daya Alam (SDA) di Kota Tepian sudah tidak ada lagi, sehingga perlu ada perhatian di tempat yang berpotensi sebagai tempat wisata.

“Samarinda ini kan’ lagi promosikan tempat-tempat wisata. Sebenarnya kalau ada tempat yang berpotensi untuk dijadikan tempat wisata, kenapa tidak menggali kembali, karena itu salah satu meningkatkan PAD,” bebernya.

BACA JUGA :  Berduet Lagi, Isran Noor-Hadi Mulyadi Siap Hadapi Pilgub Kaltim 2024

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada pemerintah perlu memberikan perhatian terhadap sektor wisata. Kemudian, perlu adanya anggaran untuk pemeliharaan pembangunan.

“Kebun raya Unmul sangat berpotensi sekali untuk dijadikan wisata unggulan Samarinda, tapi sayangnya terbengkalai. Kebiasaan pemerintah itu terbiasa membangun, namun tidak bisa merawat atau memelihara, salah satu faktornya tidak adanya anggaran untuk itu,” tutup Samri.

Penulis : Ernita
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.